PENGEMBANGAN MODUL SISWA BERBASIS PENDEKATAN PMRI PADA POKOK BAHASAN HUBUNGAN ANTARGARIS UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

RIRIN OKTAVIANI, NIM. 332016003 (2020) PENGEMBANGAN MODUL SISWA BERBASIS PENDEKATAN PMRI PADA POKOK BAHASAN HUBUNGAN ANTARGARIS UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
332016003_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (926kB) | Preview
[img] Text
332016003_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Oktaviani, Ririn. 2020. Pengembangan Modul Siswa Berbasis Pendekatan PMRI pada Pokok Bahasan Hubungan Antargaris Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang: (I) Dr.. Refi Elfira Yuliani, S.Si., M.Pd., (II) Heru., S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, modul, PMRI, Hubungan Antargaris. Penelitian ini bertujuan menghasilkan suatu bahan ajar berupa modul siswa berbasis Pendekatan PMRI untuk kelas IV sekolah dasar serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari penggunaan modul yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangkan (development research). Dalam proses pengembangan menggunakan model 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 31 Talang Kelapa yang berjumlah 8 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh modul yang valid dan praktis. Kevalidan terlihat dari hasil penilaian para ahli materi, media/tampilan modul dan bahasa. Modul siswa yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan materi (aspek kelayakan isi, aspek kelayakan penyajian dan aspek penilaian PMRI), media/tampilan (aspek kelayakan kegrafikan yang meliputi ukuran modul, desain sampul modul dan desain isi modul), dan bahasa (aspek kelayakan kebahasaan). Kepraktisan terlihat dari hasil penilaian peserta didik pada uji lapangan terbatas terhadap modul siswa yang dikembangkan. Berdasrkan data hasil analisis angket peserta didik pada tahap uji coba lapangan terbatas, modul siswa berbasis pendekatan PMRI mendapatkan jumlah skor 321 dari total skor maksimal penilaian 352, yang persentasinya 91,19% dan dikategorikan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Refi Elfira Yuliani, S.Si., M.Pd. 2. Heru, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, modul, PMRI, Hubungan Antargaris.
Subjects: Matematika > Simulasi Matematis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Sep 2020 01:13
Last Modified: 09 Sep 2020 02:02
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10947

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.