Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII DI SMP Muhammadiyah 1 Palembang

Komaria, NIM 342014098 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII DI SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014098_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
342014098_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Komaria. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII di SMPMuhammadiyah 1 Palembang . Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (SI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Drs. Nizkon, M.Si., (II) Pembimbing II Sulton Nawawi S.Pd,.M.Pd Kata kunci: Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Palembang, sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu VII 1 sebagai kelas eksperimen dan VII 2 sebagai kelas kontrol, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji t tidak berapasangan. dapat disimpulkan bahwa t hitung adalah sebesar 3,281 dan derajat bebas (df) adalah 65, maka nilai t tabel sebesar 2,009 Jadi, untuk t hitung memiliki nilai 3,629 ≥ 2,009 artinya Ho ditolak. Apabila dilihat dari signifikansi 0,002 ≤ 0,05 maka Ha diterima karena nilai signifikansi tesebut lebih kecil dari 0,05. Hasil analisis tes akhir kelas eksperimen dan tes akhir kelas kontrol memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pencemaran lingkungan. Hasil tersebut disebabkan karena penerapan model SQ3R yang diterapkan dikelas eksperimen mempersiapkan siswa untuk melakukan kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs.Nizkon, M.Si. 2. Sulton Nawawi, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R Hasil Belajar
Subjects: Biologi > Ekologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Sep 2020 01:15
Last Modified: 07 Sep 2020 01:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10945

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.