ANALISIS NILAI-NILAI DAKWAH DALAM NOVEL KETIKA CAHAYA BERPIJAR KARYA ARIF YS

WYNNE DWI APRILLIANY, 312016007 (2020) ANALISIS NILAI-NILAI DAKWAH DALAM NOVEL KETIKA CAHAYA BERPIJAR KARYA ARIF YS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
312016007_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (646kB) | Preview
[img] Text
312016007_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)

Abstract

ABSTRAK Aprilliany Dwi, Wynne. 2020. “Analisis Nilai-nilai Dakwah dalam Novel Ketika Cahaya Berpijar Karya Arif Ys”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. H. Haryadi, M.Pd., (II) Surismiati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: analisis, nilai-nilai dakwah Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai dakwah dalam novel Ketika Cahaya Berpijar Karya Arif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian nilai-nilai dakwah di antaranya: (1) akidah merupakan pesan dakwah yang paling hakiki bagi setiap manusia, yang terdiri dari: (a) keyakinan kepada Allah Swt, (b) keyakinan kepada Malaikat-malaikat-Nya, (c) keyakinan kepada Kitab-kitab Suci, (d) keyakinan kepada Nabi dan Rasul Allah, (e) keyakinan kepada hari Akhir, dan (f) keyakinan kepada qadha dan qadhar. (2) syariah adalah hubungan manusia dengan Tuhan dengan ketentuan pelaksanaan yang telah ditetapkan Allah. Dilaksanakan dengan hati yang ikhlas karena Allah Swt, (3) akhlak merupakan perbuatan, baik atau buruknya. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat nilai-nilai dakwah yang bermanfaat untuk memotivasi manusia agar bersikap dan bertindak dengan penuh kebaikan yang didasari atas kesadaran kewajiban yang dilandasi akidah, syariah, dan akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Haryadi, M.Pd. 2. Surismiati, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: analisis, nilai-nilai dakwah
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 05 Sep 2020 02:41
Last Modified: 11 Jan 2022 23:53
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10887

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.