RIZDON PRATA KALINGGA, NIM 312016025 (ANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK NOVEL IBUK KARYA IWAN SETYAWAN)

RIZDON PRATA KALINGGA, 312016025 (2020) RIZDON PRATA KALINGGA, NIM 312016025 (ANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK NOVEL IBUK KARYA IWAN SETYAWAN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
312016025_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
312016025_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Prata Kalingga, Rizdon. 2020. Analisis Unsur-unsur Intrinsik Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan.Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. H. Haryadi, M.Pd., (II) Surismiati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: analisis, unsur-unsur intrinsik, novel Latar belakang pada penelitian ini menggambarkan orang tua yang berjuang untukpendidikan anak-anaknya. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik. Metode yang digunakan adalah deskriptif.Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Tema yaitu perjuangan seorang Ibu, (2) Latar terbagi menjadi tiga yaitu tempat berada di dua kota dan dua negara, waktu seperti pagi, sore, dan malam, dan sosial merupakan kesederhanaan dan keprihatinan keluarga ekonomi menengah ke bawah, (3) Tokoh dan penokohan sebanyak delapan belas tokoh, (4) Alur menggunakan alur campuran, (5) Sudut pandang yaitu campuran, (6) Gaya bahasa ringan dan sederhana, (7) Amanat yaitu sebagai manusia harus berusaha, berdoa, dan tekun terhadap apa yang ingin dicapai. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat unsur-unsur intrinsik yang bermanfaat untuk memotivasi, karena di dalam novel ini banyak memberikan pesan baik yang dapat dijadikan pelajaran dang pengetahuan dalam menjalani kehidupan nyata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. H. Haryadi, M.Pd. 2. Surismiati, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: analisis, unsur-unsur intrinsik, novel
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 05 Sep 2020 02:29
Last Modified: 05 Sep 2020 02:29
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10866

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.