ANALISA KERJA INVERTER PADA PEMBANGKIT SOLAR CELL DI LABORATORIUM FISIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

RIO MARYOES, NIM. 132016098 (2020) ANALISA KERJA INVERTER PADA PEMBANGKIT SOLAR CELL DI LABORATORIUM FISIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016098_BAB_I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (779kB) | Preview
[img] Text
132016098_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Energi Surya merupakan sumber energi yang tidak terbatas dan tidak akan pernah habis ketersediaannya dan energi ini juga dapat di manfaatkan sebagai energi alternatif yang akan di ubah menjadi energi listrik. Energi matahari tidak memerlukan bahan bakar, Sehubungan sering terjadinya pemadaman yang secara tiba-tiba khususnya di Laboratorium Fisika Universitas Muhammadiyah Palembang, maka hal ini akan menghambat aktivitas mahasiswa yang sedang melakukan pratikum didalam laboratoriun tersebut, oleh sebab itu untuk mengatasi masalah tersebut dibuatlah analisa kerja inverter pada PLTS yang akan membackup tenaga listrik ketika terjadi pemadaman di laboratorium tersebut. Tujuan penelitian yaitu analisa kerja inverter pada PLTS di laboratorium fisika Universitas Muhammadiyah Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini memiliki tahapan sebagai berikut: 1) menganalisa inverter sebagai pengubah arus DC ke AC, 2) mengukur gelombang keluaran yang dihasilkan oleh inverter, 3) pengujian dan pengukuran tegangan dan arus tegangan dan arus inverter. Dari penelitian ini Daya inverter yang dapat dibebani berdasarkan faktor daya maximum 600-700Watt. Dan gelombang sinusoidal dari keluaran inverter berupa gelombang Pure Sine Wape yang bearti bisa mengerakan Peralatan motor dan penerang di laboratorium Fisika Universitas Muhammadiyah Palembang. Kata kunci : Solar cell, Inverter, Solar charger controler

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Sofiah, S.T.,M.T 2. Ir. Muhar Danus, M.T
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Solar cell, Inverter, Solar charger controler
Subjects: Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 02 Sep 2020 06:47
Last Modified: 07 Sep 2020 06:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10785

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.