ANALISIS ARUS GANGGUAN HUBUNG SINGKAT PADA PENYULANG AKASIA DAN SAWIT DI GARDU INDUK BLAMBANGAN UMPU WAY KANAN LAMPUNG

BAMBANG PRAYONO, NIM.132016011 (2020) ANALISIS ARUS GANGGUAN HUBUNG SINGKAT PADA PENYULANG AKASIA DAN SAWIT DI GARDU INDUK BLAMBANGAN UMPU WAY KANAN LAMPUNG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (829kB) | Preview
[img] Text
132016011_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Gangguan hubung singkat adalah suatu kondisi pada sistem tenaga dimana penghantar yang berarus terhubung dengan penghantar lain atau dengan tanah. Gangguan yang mengakibatkan hubung singkat dapat menimbulkan arus yang jauh lebih besar dari pada arus normal. Penyulang akasia dan sawit berdasarkan data gangguan selama 2019 mengalami gangguan terbanyak yaitu sebanyak 50 dan 51 kali bertururt-turut. Tujuan dari Penelitian ini adalah menghitung besarnya arus gangguan hubung singkat yang terjadi di penyulang Akasia dan penyulang Sawit dengan menggunakan Software Etap 12.6. Pada penelitian ini tidak membahas setting relay dan jenis gangguan yang dihitung adalah gangguan simetris dan asimetris.Arus gangguan hubung singkat dihitung berdasarkan panjang penyulang yang mengalami gangguan, impedansi sumber, reaktansi urutan transformator, impedansi urutan penyulang. Hasil dari perhitungan menunjukkan arus gangguan hubung singkat terbesar untuk setiap jenis gangguan terletak pada 5,91 km pada penyulang akasia dan 8,484 km pada penyulang sawit (30% dari panjang total saluran).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Wiwin. A. Oktaviani, S.T., M.Sc 2. Taufik Barlian, S.T., M. Eng
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Arus Gangguan Hubung Singkat Simetris dan Asimetris Penyulang Akasia dan Sawit, Etap 12.6
Subjects: Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Elektro > Teknik Listrik
Elektro > Transfomator
Elektro > Transmisi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:51
Last Modified: 02 Sep 2020 04:51
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10771

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.