RANCANG BANGUN TRACKING SYSTEM PANEL SEL SURYA UNTUK OPTIMALISASI DAYA OUTPUT BERBASIS ARDUINO UNO R3

YOGI RAMADHAN, NIM. 132016021 (2020) RANCANG BANGUN TRACKING SYSTEM PANEL SEL SURYA UNTUK OPTIMALISASI DAYA OUTPUT BERBASIS ARDUINO UNO R3. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016021_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
32016021_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Matahari adalah salah satu komponen utama penggerak kehidupan. Studi juga menunjukkan bahwa energi matahari yang sampai ke bumi dalam satu jam sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan energi seluruh manusia dipermukaan bumi dalam satu tahun, alasan yang cukup untuk memacu pemaksimalkan energi matahari sebagai energi terbarukan terutama dengan pengkonversian menjadi listrik oleh divais sel/panel surya. Untuk mendapatakan keluaran energi panel sel surya secara maksimal dengan cara mengoptimal arah panel sel surya terhadap matahari. Solusinya adalah membuat rancang bangun tracking system yang mengatur posisi panel sel surya secara otomatis mengikuti matahari berbasis Arduino Uno R3. Metode yang digunakan adalah dengan membandingkan kedua panel sel surya yang menggunakan tracking system dan panel sel surya tanpa tracking system. Dari kedua hasil pengukuran pada pagi sampai sore didapatkan antara panel yang menggunakan tracking system memiliki jumlah keluaran daya sebesar 104,3364 Watt dan panel tanpa tracking system memiliki jumlah keluaran daya sebesar 43,05094 Watt, demikian dari hasil pengukuran yang paling optimal yaitu panel yang menggunakan tracking system. Hal ini terlihat pada pengukuran dari pukul 09.30 WIB sampai dengan pukul 16.30 WIB panel sel surya dengan menggunakan tracking system menghasilkan keluaran energi lebih besar dibandingkan panel sel surya tanpa tracking system, peningkatan keluaran daya jika dibandingkan dengan panel tanpa tracking system.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Yosi Apriani, S.T, M.T. 2. Ir. Muhar Danus, M.T.
Uncontrolled Keywords: PLTS, Solar Sel, Tracking System, Arduino.
Subjects: Elektro > Elektronika
H Social Sciences > HB Economic Theory
Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 02 Sep 2020 06:25
Last Modified: 05 Sep 2020 07:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10696

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.