APLIKASI PERMAINAN LEMPAR BOLA BERBASIS ARDUINO

ALAN CAHYA, NIM. 132016028 (2020) APLIKASI PERMAINAN LEMPAR BOLA BERBASIS ARDUINO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016028_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
132016028_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)

Abstract

Permainan lempar bola memiliki popularitas yang sangat tinggi di Indonesia. Banyak pusat pelatihan mengembangkan metode pelatihan ini, Karena pelatihan permainan lempar bola sangat membantu proses pelatihan para atlit. Dalam penelitian yang akan dilakukan yakni perancangan sistem berupa perancangan aplikasi permainan lempar bola. Pada setiap papan lemparan dipasang sensor Piezoelektrik yang dapat mendeteksi adanya bola yang mengenai papan, yang selanjutnya dapat memberikan data berapa banyak lemparan yang mengenai papan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan dan memanfaatkan serta menguji karakteristik komponen elektronik sederhana (sensor piezoelektrik) untuk mendeteksi getaran lemparan bola. Dalam metode penelitian ada empat tahap yaitu : 1)Hardware dan Software, 2)Perancangan, 3)Programan, dan 4)Pengujian. Hasil pengujian menunjukan bahwa respon pengujian yang paling cepat terjadi pada pengujian papan a dan papan b dengan jarak 10 meter yang di monitoring oleh smartphone pada waktu 0,3 detik. Respon pengujian yang paling lambat terjadi pada papan a dan papan b dengan jarak 30 meter yang di monitoring oleh smartphone pada waktu 0,7 detik sedangkan Jarak terjauh yang dapat diraih dalam pengujian sistem smartphone adalah 30 meter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Feby Ardianto S.T.,M.Cs 2. Bengawan Alfaresi S.T.,M.T
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Permainan, Aplikasi, Sensor Piezoelektrik, Smartphone, Monitoring
Subjects: Elektro > Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:35
Last Modified: 07 Sep 2020 02:35
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10619

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.