ROBOT MOBIL SENSOR ULTRASONIC BERBASIS MICROCONTROLLER ARDUINO UNO R3 ATMEGA 328

AGUSTIAWAN, 132016087 (2020) ROBOT MOBIL SENSOR ULTRASONIC BERBASIS MICROCONTROLLER ARDUINO UNO R3 ATMEGA 328. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016077_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
132016077_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu tugas dari pendidikan tinggi adalah mengembangkan kreatifitas mahasiswa dari berbagai bidang kegiatan dan kompetisi yang berhubungan dengan perkembangan dalam bidang robot. Dari tujuan penelitian ini peneliti mengembangkan kemampuan untuk membuat robot penghindar rintangan yang dapat membaca data yang telah di program dalam komputer kemudian robot mobil dapat mengendalikan sendiri setiap jalan dan geraknya. Sensor untuk membaca jarak adalah sensor ultrasonik srf-04 akan tetapi sensor ini mahal untuk di jangkau oleh mahasiswa, untuk mengatasi masalah tersebut peneliti ingin mengembangkan penggunaan sensor yang tidak mahal dan memiliki akurasi yang cukup baik. Peneliti memakai dan menguji sensor ultrasonik hc-sr04 karena harganya yang cocok bagimahasiswa dibandingkan dengan sensor srf-04 dan juga sensor hc-sr04 mudah didapat dan stabil dalam pengukuran jarak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan: 1.) Proses perancangan robot mobil, 2.) Proses pembuatan kerangka robot mobil, 3.) Proses pemasangan seluruh komponen robot mobil. 4.) Poses memasukan data coding robot mobil pada program arduino uno dalam komputer. Dalam penelitian srikpsi ini setelah bahan menjadi robot mobil didapatlah databahwa sensor ultrasonik hc-sr04 stabil digunakan untuk pengukuran jarak dari 5 cm hingga 12 cm. Pada jarak 1 cm hasil pengukuran oleh sensor memiliki nilai error terbesar. Karakteristik sensor ultrasonik hc-sr04 memiliki hasil pengukuran ripitabilitas 97% artinya sensor hc-sr04 dapat memberikan hasil yang hampir sama pada pengukuran berulang. Robot mobil dapat mengikuti program dengan baik dan sesuai dengan kriteria sehingga secara otomatis dapat melakukan pekerjaannya sendiri dalam menghindari rintangan yang ada di depannya. Hasil pengujian dan analisis program dan perangkat keras dapat disimpulkan bahwa keduanya dapat berkomunikasi dengan baik dan dapat menghasilkan nilai yang benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1.Ir.Eliza, M.T 2.Muhammad Huraira, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Robot Avoider, Arduino Uno, Mikrokontroler, Sensor Ultrasonik, HC-SR04.
Subjects: Elektro > Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:33
Last Modified: 02 Sep 2020 04:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10618

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.