ANALISIS UNJUK KERJA KONTROL PENGISIAN BATERE PADA SISTEM PLTS 2000 WATT PADA BEBAN BERBEDA

CHANDRA RYKO DYNATA, NIM. 132016092 (2020) ANALISIS UNJUK KERJA KONTROL PENGISIAN BATERE PADA SISTEM PLTS 2000 WATT PADA BEBAN BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016092_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (723kB) | Preview
[img] Text
132016092_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Energi listrik merupakan energi yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Pembangkit energi photovoltaic atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan perangkat yang merubah energi cahaya menjadi energi listrik dengan menggunakan efek fotolistrik.. Solar charge controller merupakan rangkaian regulator batere yang terdiri dari perangkat elektronika peran dari solar charge controller ini sangatlah penting sebagai pengaturan proses pengisian (charger) batere yang dihasilkan dari panel surya menuju batere saat kondisi tidak dalam kondisi maksimal (full) dengan menggunakan sistem kerja mencegah terjadinya over voltage dan over charger pada batere yang bekerja secara otomatis, Tujuan penelitian diarahkan pada analisis unjuk kerja kontrol pengisian batere pada sistem PLTS 2000 Watt pada beban berbeda. Penelitian ini memiliki 4 tahapan penelitian yaitu : 1). Study literatur. 2). dilakukan pengujian alat. 3). Pengukuran pengambilan data. 4). Analisis data. Dari penelitian ini didapatkan hasil dari pungujian alat dan pengukuran pengambilan data kerja kontrol pengisian batere pada sistem PLTS 2000 Watt pada beban berbeda. Proses penelitian ini di lakukan untuk melacak daya maksimum pada saat pengisian batere,daya maksimum terdapat pada pengujian ke 3 dengan daya maksimum sebesar 1014,6 Watt dengan beban 1100 Watt motor AC 1,1 kW. Dengan bertambahnya beban pemakaian maka pengisian batere pun tidak optimal 100 %. Kata Kunci : PLTS, Solar charge Controller, Beban Resistif, Beban Induktif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Zulkiffli Saleh, M.Eng 2. Yosi Apriani, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PLTS, Solar charge Controller, Beban Resistif, Beban Induktif
Subjects: Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 01 Sep 2020 00:37
Last Modified: 01 Sep 2020 00:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10589

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.