DESAIN PENGEMBANGAN GENERATOR MAGNET PERMANEN BERBAHAN MAGNET NEODYMIUM UNTUK ENERGI ALTERNATIF DARI KUBAH PUTAR MASJID

MUHAMMAD ROZI, NIM. 132016150 (2020) DESAIN PENGEMBANGAN GENERATOR MAGNET PERMANEN BERBAHAN MAGNET NEODYMIUM UNTUK ENERGI ALTERNATIF DARI KUBAH PUTAR MASJID. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016150_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
132016150_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemanfaatan energi terbarukan sebagai energi alternatif untuk penggerak mula generator masih belum terlalu banyak. Namun akhir-akhir ini menunjukkan perkembangan yang cukup baik, salah satunya energi angin. Pada umumnya gen-erator pada pembangkit saat ini menggunakan putaran tinggi, sehingga bagi daerah yang memiliki karakteristik kecepatan angin yang rendah generator ini tidak dapat digunakan. Untuk mengatasinya diperlukan suatu desain generator Axial Flux Permanent Magnet (AFPM) dengan putaran rendah, agar bisa digunakan dengan karakteristik kecepatan angin yang rendah. Kekhasan dari generator yang dirancang pada penelitian ini terletak pada turbinnya, karena menggunakan kubah putar masjid sebagai penggeraknya. Dalam prosedur penelitian ini, tahap paling awal adalah mengumpulkan data data untuk melakukan perhitungan, selanjutnya pembuatan desain dari generator axial fluks, kemudian melakukan pengamatan yang dilakukan pada waktu yang diten-tukan, Selajutnya menganalisis terhadap data hasil pengujian. Dalam penelitian ini dilakukan peningkatan jumlah kumparan dan jumlah lilitan dari penelitian sebelumnya, dengan jumlah kumparan dari 8 kumparan menjadi 12 kumparan, dan lilitan dari 601 lilitan menjadi 1.183 lilitan dengan penambahan tersebut dapat meningkatkan tegangan output sebesar 59 %. Hasil penelitian menyatakan jumlah kumparan dan jumlah lilitan menjadi faktor utama dalam meningkatnya tegangan output generator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Wiwin. A. Oktaviani, S.T., M.Sc 2. Taufik Barlian, S.T., M.Eng
Uncontrolled Keywords: Generator Magnet Permanen, Fluks aksial, Neodymium, Energi Alternatif, Energi Kinetik.
Subjects: Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 01 Sep 2020 00:54
Last Modified: 01 Sep 2020 00:54
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10564

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.