ANALISIS PENGARUH KETIDAKSEIMBANGAN BEBAN TERHADAP ARUS NETRAL DAN LOSSES PADA TRANSFORMATOR DISTRIBUSI 20 KV DI PT. PLN ULP INDRALAYA

M. RANDI, NIM. 132016052 (2020) ANALISIS PENGARUH KETIDAKSEIMBANGAN BEBAN TERHADAP ARUS NETRAL DAN LOSSES PADA TRANSFORMATOR DISTRIBUSI 20 KV DI PT. PLN ULP INDRALAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
132016052_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (683kB) | Preview
[img] Text
132016052_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pendistribusian energi listrik PT. PLN ULP INDRALAYA salah satu kendala yang sering dihadapi adalah ketidakseimbangan beban yang disebabkan pembagian beban yang tidak merata dan juga akibat penggunaan beban non linier. Ketidakseimbangan pada proses pendistribusian ini dapat menimbulkan arus netralyang dapat menyebabkan rugi-rugi pada transformator. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengatahui pengaruh ketidakseimbangan beban terhadap netral dan lossespada transformator PT. PLN ULP INDRALAYA. Dalam melakukan penelitian ini metode yang digunakan melalui pengamatan yang dilakukan saat beban puncak pada siang dan malam hari, kemudian mengumpulkan data dari transformator yang telah diukur dan wawancara dengan pihak terkait. Dari hasil Penelitian yang dilakukan dimana ketidakseimbangan beban lebih besar terjadi ketika malam hari yaitu 32,6 %, sehingga menimbulkan losses arus netral yang juga lebih besar terjadi ketika malam hari pada luas penampang 50 mm2 yaitu 28,62 % dan pada luas penampang 70 mm2 yaitu 21,11 % serta losses yang ditimbulkan akibat arus neral yang mengalir ketanah lebih besar terjadi ketika malam hari sebesar 21,15 %. Dengan adanya arus neral dan lossesinimaka efisiensi trafo menjadi turun dan proses pendistribusian tidak berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Wiwin, S.T.,M.Sc 2. Taufik Barlian,S.T.,M.Eng
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: ketidakseimbangan, Arus netral, rugi-rugi daya.
Subjects: Elektro > Transfomator
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 31 Aug 2020 06:26
Last Modified: 31 Aug 2020 06:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10549

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.