PERANCANGAN SMARTHOME BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN NODE MCU DENGAN GOOGLE ASSISTANT DI SMARTPHONE ANDROID

MUHAMAD SURYANTO, 132016083 (2020) PERANCANGAN SMARTHOME BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN NODE MCU DENGAN GOOGLE ASSISTANT DI SMARTPHONE ANDROID. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016083_BAB I _DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text
132016083-BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)

Abstract

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini memberikan pengaruh besar dalam menyelesaikan pekerjaan. Dengan menggunakan teknologi Internet of things (IoT) perangkat-perangkat elektronik akan memiliki kemampuan untuk saling berkomunikasi, saling mengirim dan menerima data melalui koneksi jaringan internet, internet of things dapat diterapkan pada sistem monitoring atau pengendali pada lingkungan tertentu seperti Smarthome. Sistem Smarthome pada saat ini kebanyakan dibuat hanya berbasis aplikasi saja, kalaupun ada Smarthome dengan voice command sperti Google assistan itupun harganya akan mahal dan satu perangkat hanya bisa control satu alat saja, oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan Perancangan Smarthome Berbasis Internet Of Things Menggunakan NodeMcu Dengan Google Assistant Di Smartphone Android. Pada penelitian ini terdapat beberapa tahapan, yaitu tahap penentuan hardware dan Software, perancangan, pemprograman, dan yang terakhir pengujian. Pada penelitian ini, dibutuhkan NodeMcu sebagai mikrokontroller, yang berfungsi untuk mengendalikan peralatan listrik, mengolah data, mengirim dan menerima data ke server Blynk. IFTTT sendiri sebagai penghubung antara 2 buah platform yaitu Blynk dan Google Assistant. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sistem Smarthome yang dapat dikendalikan Perintah suara maupun melalui aplikasi di handphone Android

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Feby Ardianto, S.T., M.Cs. 2. Bengawan Alfaresi, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Smarthome, Perintah Suara, IoT, NodeMcu
Subjects: Elektro > Elektronika
Teknologi informasi > Jaringan
Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 31 Aug 2020 04:42
Last Modified: 31 Aug 2020 04:42
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10518

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.