ANALISIS STABILITAS TRANSIEN PADA STEAM TURBINE GENERATOR DI PT PUPUK SRIWIJAJA PALEMBANG

Agus Alpran Munandar, NIM. 132016088 (2020) ANALISIS STABILITAS TRANSIEN PADA STEAM TURBINE GENERATOR DI PT PUPUK SRIWIJAJA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016088_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (934kB) | Preview
[img] Text
132016088_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fluktuasi frekuensi dan tegangan harus berada pada batas yang diizinkan sehingga sistem tenaga listrik mampu melayani beban secara berkelanjutan dengan frekuensi dan tegangan yang konstan. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati respon frekuensi dan tegangan saat terjadi gangguan simetris dan asimetris. Pentingnya analisis dalam penelitian ini berguna untuk mengevaluasi dan memperbaiki respon frekuensi dan tegangan saat terjadi gangguan transien. Proses analisis dilakukan dengan menggunakan softwareETAP 12.6.0 dengan asumsi terjadi gangguan simetris dan asimetris pada setiap bus sistem. Penelitian yang mau dipakai dibatasi mencakup kestabilan frekuensi dan tegangan. Dari simulasi yang telah dilakukan, diperoleh hasil saat terjadi gangguan simetris dan asimetris frekuensi akan mengalami kenaikan yang sama pada setiap busnya., kenaikan frekuensi pada setiap bus tersebut tidak melebihi batas toleransi yang diizinkan. Dari sisi tegangan, pada saat terjadi gangguan simetris tegangan pada setiap bus akan mengalami penurunan dan akan mencapai nol pada bus yang terganggu. Sedangkan pada saat terjadi gangguan asimetris tegangan pada setiap bus akan mengalami penurunan tegangan hingga mencapai 25% dan mengalami kenaikan tegangan hingga mencapai 200% sehingga melewati batas yang diizinkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Taufik Barlian,S.T.,M.Eng 2. Wiwin Armoldo Oktaviani,S.T.,M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Transient Stbailility, kestabilan frekuensi, kestabilan tegangan, ETAP 12.6.0
Subjects: Elektro > Teknik Listrik
Elektro > Transfomator
Elektro > Transmisi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 31 Aug 2020 04:26
Last Modified: 31 Aug 2020 04:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10499

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.