ANALISA AUTOMATIS TRANSFER SWITCH (ATS) TERHADAP SOLAR CELL SEBAGAI ENERGI CADANGAN PADA LABORATORIUM FISIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

RIANDA TANAMA, NIM. 132016039 (2020) ANALISA AUTOMATIS TRANSFER SWITCH (ATS) TERHADAP SOLAR CELL SEBAGAI ENERGI CADANGAN PADA LABORATORIUM FISIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016039_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
132016039_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan sumber energi listrik saat ini sudah menjadi kebutuhan yang mendasar terutama pada industri yang menggunakan peralatan sebagai pendukung perkantoran untuk mengoperasikan berbagai peralatan listrik. Penggunaan energi listrik yang besar ini tentu saja tidak selamanya mampu bekerja konstan tanpa permasalahan dan gangguan pada jalur supply tenaga listrik. Untuk itu sangatlah diperlukan cadangan energi berupa pembangkit listrik alternatif guna mendukung proses keberlangsungan pekerjaan yang menggunakan energi listrik. Solar cell merupakan energi terbarukan yang banyak dipergunakan untuk sumber energi alternatif yang penggunaanya sangat dibutuhkan mengingat sumber energi tersebut mudah didapatkan berdasarkan sumber energi matahari. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa sistem kerja Automatis Transfer Switch (ATS) menggunakan relay omron yang dikoneksikan dengan 2 (dua) sumber tegangan yaitu Solar Cell dan PLN. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini memiliki beberapa proses tahapan yaitut: 1). Melakukan perakitan kerangka ATS (Automatis Transfer Swtch), 2). Memasang SCC, Inverter, MCB, Relay dan pengkabelan pada panel ATS, 3). Setelah itu melakukan pengujian kerja ATS, 4). Kemudian menganalisa dan melakukan pengukuran waktu jeda relay. Jeda waktu relay pada saat NC (Normally Close) rata-rata 6 detik dengan daya beban dan tegangan yang berbeda-beda dan pada saat relay ter-kontak NO (Normally Open) rata-rata waktu jedanya hanya 1 detik, namun jeda waktu tersebut dapat di atur melalui SCC (Solar Charger Controller) yang dikoneksikan jalur bebannya ke relay.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Sofiah, S.T., M.T 2. Ir.Muhar danus.,MT
Uncontrolled Keywords: Solar Cell , ATS (Automatis Transfer Switch), PLN
Subjects: Elektro > Elektronika
Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:30
Last Modified: 31 Aug 2020 02:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10466

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.