PERANCANGAN ALAT BANTU 0N/OFF PERALATAN ELEKTRONIK BAGI PENYANDANG DISABILITAS MENGGUNAKAN ARDUINO UNO 328 DAN ANDROID

BIMO, NIM.132016002 (2020) PERANCANGAN ALAT BANTU 0N/OFF PERALATAN ELEKTRONIK BAGI PENYANDANG DISABILITAS MENGGUNAKAN ARDUINO UNO 328 DAN ANDROID. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016002_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
132016002_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Alat pengendali dari jarak jauh sekarang ini banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan mengaktifkan peralatan listrik rumah tangga maupun peralatan elektronik lainnya, Kebanyakan alat pengendali tersebut dikendalikan dari jarak jauh menggunakan smartphone android pada aplikasi program. Tujuan penelitian ini untuk membantu para disabilitas dalam memudahkan pengonrolan perangkat elektronik rumah. Metode penelitian mengenai rancang bangun alat pengendali peralatan listrik dari jarak jauh menggunakan android, serta aplikasi memakai rangkaian arduino uno, digambarkan dalam diagram fishbone. Pada rangkaian receiver ada pengendali beban, bluetooth, relay, serta power supply, untuk pengendali beban yang bekerja secara ON/OFF pada tegangan input 220VAC dengan supply tegangan ke arduino sebesar 5VDC. Jarak jangkauan dalam mengendalikan beban memerlukan waktu kerja selama 0,2 second yang dikendalikan oleh smartphone sehingga dapat bekerja mengendalikan beban dengan optimal pada jarak maksimal 13 meter tanpa penghalang atau maksimal 10 meter dengan adanya penghalang. Pengaturan untuk mengendalikan beban dari smartphone bekerja pada saluran 4 channel yang dapat mengendalikan bluetooth pada rangkaian arduino R3 secara bergantian dimulai dari beban 1,2,3,4 kemudian hidup dan mati serempak. dengan adanya alat pengendali jarak jauh peralatan listrik yang dikendalikan pada beban dapat bekerja secara automatis bergantian dan sangat dapat digunakan untuk peralatan listrik lainnya. Kata Kunci : Smartphone, Bluetooth, Arduino R3, Relay, Beban

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir.Eliza, M.T 2. Muhammad Hurairah, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Smartphone, Bluetooth, Arduino R3, Relay, Beban
Subjects: Elektro > Elektronika
Elektro > Iluminasi dan Penerangan
Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 01 Sep 2020 01:28
Last Modified: 01 Sep 2020 01:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10374

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.