PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS STUDI ETNOBOTANI TENTANG KERAGAMAN PEMANFAATAN JENIS TUMBUHAN PADA AREA LAHAN BASAH TALANG KELAPA BANYUASIN

Khotimah Lasmita Sari, NIM. 342015018 (2020) PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS STUDI ETNOBOTANI TENTANG KERAGAMAN PEMANFAATAN JENIS TUMBUHAN PADA AREA LAHAN BASAH TALANG KELAPA BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015018_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (923kB) | Preview
[img] Text
342015018_ BAB II _ SAMPAI _ BAB TERAKHIR-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keterkaitan isi pembelajaran biologi dengan kondisi rawa gambut serta masyarakat sekitar menjadi nilai yang sangat kuat dalam memperkaya khazanah keilmuan biologi berbasis etnobotani untuk melestarikan pengetahuan masyarakat lokal sebagai bentuk kearifan lokal suatu budaya mesyarakat tertentu dan mengembangkan potensi tanaman-tanaman dengan segala keanekaragamannya untuk dapat dimanfaatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis tumbuhan yang terdapat pada area lahan basah (rawa gambut), untuk mengetahui aspek etnobotani warga sekitar terhadap tumbuhan yang ditemukan pada area lahan basah (rawa gambut), untuk mengetahui kelayakan sumber belajar berbasis studi etnobotani yang dikembangkan berdasarkan hasil penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan guru biologi serta respon siswa terhadap sumber belajar. Jenis penelitianini adalah penelitian deskriptif tentang studi etnobotani dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif, sedangkan untuk penelitian pengembangan menggunakan metode Research and Development (R&D). Hasil penelitianstudi etnobotani terdapat 18 spesies tumbuhan dengan 16 suku dan hasil pengembangan sangat layak didigunakan dalam pembelajaran, hal tersebut berdasarkan pada penilaian kualitas sumber belajar oleh ahli materi X ≥ 84 yaitu 94 ≥ 84 (sangat layak), ahli media 174 > X ≥ 137 yaitu 174 > 164 ≥ 137 (layak), ahli bahasa X ≥ 45 yaitu 57 ≥ 45 (sangat layak), guru mata pelajaran X ≥ 72 yaitu 85 ≥ 72 dan hasil respon siswa X ≥ 45. Berdasarkan catatan dapat disimpulkan bahwa sumber belajar yang dihasilkan memenuhi definisi praktis, sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Suyud Abadi, M.Si. 2. Dr. Yetty Hastiana, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Studi Etnobotani, Sumber Belajar
Subjects: Biologi
Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Aug 2020 03:05
Last Modified: 11 Aug 2020 03:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/9125

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.