PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LKS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI DI KELAS XI MAN 1 PALEMBANG

LOLI NOVITA, NIM. 342014132 (2019) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LKS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI DI KELAS XI MAN 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014132_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (759kB) | Preview
[img] Text
342014132_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)

Abstract

Novita, Loli. 2019. Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Masalah Berbantuan LKS Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Sistem Koordinasi di Kelas XI MAN 1 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (SI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dr. Sri Wardhani, M.Si (II) Pembimbing II Nita Nuraini S.Pd., M.Pd. Kata Kunci:Pendekatan Saintifik Berbasis Masalah, Keterampilan Proses Sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik berbasis masalah berbantuan LKSterhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem koordinasi di kelas XI MA Negeri I Palembang. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimendengandesain Non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di MA Negeri 1 Palembang, sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA3 sebagai kelas kontrol, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda yang digunakan untuk memperoleh nilai keterampilan proses sains indikator mengamati, menafsirkan, mendiskusikan, menganalisis, menyimpulkan, menerapkan, dan mengkomunikasikan. Berdasarkan hasil analisis uji t tidak berpasangan (Independent sample t-test), diperoleh nilai signifikansilebih kecil dari 0,05 yakni 0,000< 0,05maka Ha diterima artinya ada pengaruh pendekatan saintifik berbasis masalah berbantuan LKS terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem koordinasi di MAN 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Sri Wardhani, M.Si. 2. Nita Nuraini, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik Berbasis Masalah, Keterampilan Proses Sains.
Subjects: Biologi > Fisiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 03 Jul 2020 03:34
Last Modified: 08 Jul 2020 06:51
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8124

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.