PERANAN MODEL PEMBELAJARAN READING GUIDE DALAM MENINGKATKAN PERHATIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR NEGERI 01 AIR KUMBANG DESA TELUK TENGGIRIK

NURBAYANI, 622016015 (2020) PERANAN MODEL PEMBELAJARAN READING GUIDE DALAM MENINGKATKAN PERHATIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR NEGERI 01 AIR KUMBANG DESA TELUK TENGGIRIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622016015_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622016015_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)

Abstract

Nurbayani (622016015), Skripsi Dengan Judul Peranan Model Pembelajaran Reading Guide dalam Meningkatkan Perhatian Siswa dalam Pembelajaran Agama Islam Sekolah Dasar 1 Air Kumbang Desa Teluk Tenggirik. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang Tahun 2020. Metode Reading Guide merupakan salah satu bagian dari metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan cara memberikan buku teks kepada siswa secara individu untuk dijadikan bahan yang akan dipelajari dan yang akan dibahas oleh guru saat pembelajaran berlangsung. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu, Apakah model pembelajaran Reading Guide dapat meningkatkan perhatian siswa dalam Pembelajaan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri 01 Air Kumbang Desa Teluk Tenggirik?, Dan adakah faktor pendukung dan penghambat peranan model pembelajaran reading guide dalam meningkatkan perhatian siswa dalam pembelajaran Agama Islam di SDNN 1 Air Kumbang Desa Teluk Tenggirik? Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di SDN 1 Air Kumbang Desa Teluk Tenggirik yang berjumlah 30 orang siswa. Jenis data dalam penelitian skripsi ini adalah data kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket,. Peranan Model Pembelajaran Reading Guide Dalam Meningkatkan Perhatian Siswa Dalam Pembelajaran Agama Islam Sekolah Dasar Negeri 1 Air Kumbang Desa Teluk Tenggirik dikategorikan memuaskan, karena dapat membuat siswa senang dan bersemangat untuk belajar, memotivasi untuk lebih terfokur perhatian ketika belajar, menumbuhkan gairah antusias siswa yang efektif. Hasil belajar dalam Peranan Model Pembelajaran Reading Guide Dalam Meningkatkan Perhatian Siswa Dalam Pembelajaran Agama Islam Sekolah Dasar Negeri 1 Air Kumbang Desa Teluk Tenggirik dikategorikan baik berdasarkan evaluasi yang dilakukan, dapat dilihat dari semangat belajar siswa. Dan juga bahan yang diajarkan sangat menarik perhatian siswa, baik secara individu maupun kelompok. Faktor Pendukung didalam Model Pembelajaran Reading Guide dalam Meningkatkan Perhatian Siswa dalam Pembelajaran Agama Islam. yakni, terdiri atas pengaruh buku pelajaran, pengaruh media yang digunakan dan pengaruh wali siswa tersebut. Faktor Penghambat didalam Model Pembelajaran Reading Guide dalam Meningkatkan Perhatian Siswa dalam Pembelajaran Agama Islam yakni, terdiri atas pengaruh rasa malas, pengaruh perhatian dan pengaruh kedisiplinan siswa tersebut. Kata Kunci : Model Pembelajaran Reading Guide, Meningkatkan Perhatian siswa dalam Pembelajaran Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Helyadi, S.H.,M.H 2. Jamalludin,S.Ag.,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Model Pembelajaran Reading Guide, Meningkatkan Perhatian siswa dalam Pembelajaran Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 02 Jul 2020 04:31
Last Modified: 02 Jul 2020 04:31
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8111

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.