MEMBANGUN PEMAHAMAN KARAKTER KEJUJURAN SISWA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK PADA ANAK DI TK NUR IMAN BANTEN VI SU II KOTA PALEMBANG

Yosi Karmila, NIM. 622016014 (2020) MEMBANGUN PEMAHAMAN KARAKTER KEJUJURAN SISWA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK PADA ANAK DI TK NUR IMAN BANTEN VI SU II KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622016014_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622016014_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)

Abstract

ABSTRAK Yosi Karmila NIM 622016014, Skripsi dengan judul Membangun Pemahaman Karakter Kejujuran Siswa Melalui Permainan Tradisional Congklak Pada Anak Di Tk Nur Iman Banten VI SU II Kota Palembang Tahun 2019. Metode Bermain adalah salah satu bagian dari metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan cara bermain bersama siswa. Bermain mempunyai kekuatan kognitif, serta bermain dapat menaikkan struktul metal melalui penggunaan tanda-tanda dan alat-alat yang kemudian menaikkan perkembangan bahasa dan befikir. Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimanakah permainan tradisional congklak dalam membangun pemahaman karakter kejujuran anak, Bagaimana cara guru dalam membangun kejujuran anak terhadap permainan tradisional congklak, Bagaimana karakter kejujuran siswa di TK Nur ImanPalembang. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui Karakter Kejujuran Siswa pada Anak TK Nur Iman. Motode penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat ditemukan, dikembangkan dan dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan, dan mengantisifasi masalah dalam bidang pendidikan, dan penelitian menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 16 siswa Kelas B1 TK Nur Iman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, koesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan Reduction, Display, Verification. Kriteria keabsahan dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi yaitu sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa karanter kejujuran siswa melalui permainan tradisional pada anak di Tk Nur Iman sudah sangat baik karena pada saat bermain siswa sudah bisa memainkan permainan congklak dan mengerti makna dari permainan congklak ialah melatih kejujuran siswa. Kata kunci :Karakter Kejujuran, Permainan Tradisional Congklak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Mustofa S.Ag.,M.Pd.I. 2. Dr. Ruskam Su'adi, M.H.I.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci :Karakter Kejujuran, Permainan Tradisional Congklak
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 27 Jun 2020 06:01
Last Modified: 27 Jun 2020 06:01
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8031

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.