EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE STUDENT ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG

Desi Rahayu, NIM. 622016029 (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE STUDENT ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
622016029_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (788kB) | Preview
[img] Text
622016029_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)

Abstract

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE STUDENT ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG Oleh : Desi Rahayu NIM. 622016029 ABSTRAK Salah satu mata pelajaran yang ada di SMA Muhamadiyah 6 Palembang yaitu Al Islam yang berisi mata pelajaran Akidah Akhlak, Fiqh, Qur’an Hadits dan Tarikh yang masing-masing mengajarkan tentang ajaran agama Islam, membentuk karakter atau akhlak siswa sesuai dengan syariat Islam yang bertujuan agar anak dapat memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam. Realitas yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah pada umumnya lebih banyak berpusat pada guru. Sedangkan siswa bukanlah botol kosong yang bisa diisi dengan muatan-muatan informasi apa saja yang dianggap perlu oleh guru, yang hanya duduk-duduk, mendengar, mencatat, dan menghafal apa yang disampaikan oleh guru sehingga siswa pasif didalam kelas dan hanya menyaksikan ceramah guru didepan kelas. Hal ini dapat di tangani dengan mengubah pola pembelajaran dengan mengefektifkan pembelajaran active learning yang dapat mempengaruhi siswa lebih aktif dan mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan ini penelitian bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode active learning dalam pembelajaran Al Islam di SMA Muhammadiyah 6 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi terhadap pihak-pihak yang terkait. Hasil yang didapatkan dari penggunaan metode student active learning adalah adanya peningkatan kegiatan pembelajaran, maksudnya disini pembelajaran lebih bermakna bagi siswa kemudian siswa lebih aktif, dalam artian siswa aktif bertanya, menjawab pertanyaan, menyampaikan pendapat, mengkritisi topik yang dibahas, serta mampu memecahkan masalah yang didiskusikan atas usahanya sendiri. Selain itu siswa menjadi kreatif dan inovatif, nilai akademik siswa meningkat, prestasi akademik sekolah juga meningkat sehingga semua berimbas kepada kualitas nilai lulusan yang semakin baik Kata Kunci : Efektivitas, Belajar Aktif (Active Learning), Pembelajaran Al Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra Yuslaini, M.Pd 2. Titin Yenni, S.Ag M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Efektivitas, Belajar Aktif (Active Learning), Pembelajaran Al Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 27 Jun 2020 03:15
Last Modified: 27 Jun 2020 03:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8019

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.