PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 20 AIR KUMBANG

IMRO’ATIS SHOLIKHAH, NIM. 622016042 (2020) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 20 AIR KUMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622016042_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622016042 _BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)

Abstract

Membaca Al-Qur‟an merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT. Setiap muslim harus mampu dan istiqamah dalam melaksanakannya terutama pada usia remaja. Akan tetapi problematika agama di sekolah selama ini hanya dipandang melalui aspek kognitif atau nilai dalam bentuk angka saja, kurang mendorong bagaimana siswa dididik mengamalkan dan meningkatkan motivasi pada ajaran-ajaran agama dalam dunia nyata seperti dalam hal membaca Al-Qur‟an, sehingga belajar hanya sebatas menghafal dan mencatat. Hal ini mengakibatkan pelajaran agama Islam hanya menjadi pelajaran teoritis, bukan pengalaman atau penghayatan terhadap agama itu sendiri. Berdasarkan dengan latar belakang di atas, maka pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimana peranan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al- Qur‟an pada anak di Sekolah Dasar Negeri 20 Air Kumbang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al- Qur‟an pada anak di Sekolah Dasar Negeri 20 Air Kumbang, untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa Sekolah Dasar Negeri 20 Air Kumbang dalam membaca Al Qur‟an. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan pustaka. Berdasarkan deskripsi data dan penyajian data dari hasil survey dan wawancara bahwa peranan yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam menigkatkan motivasi membaca Al-Qur‟an siswa menggunakan tiga cara diantaranya: memberikan pujian, menghukum dan menciptakan suasana yang berpengaruh bagi pertumbuhan positif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan, bahwa peranan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur‟an pada anak di Sekolah Dasar Negeri 20 Air Kumbang dapat dikatan sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari guru memberikan Pujian yang menitik beratkan pada pemberian apresiasi positif kepada siswa selain itu juga memberikan nilai plus, dan reward bagi siswa yang rajin membaca Al-Qur‟an. Menghukum siswa yang tidak mengikuti kegiatan membaca Al-Qur‟an, dengan menitik beratkan kepada hukuman menulis ayat Al-Qur‟an sebanyak 5 lembar, dan menghafal surah – surah pendek, selain itu juga melakukan pendekatan secara emosional, menumbuhkan motivasi, menumbuhkan kesadaran siswa. Menciptakan suasana yang berpengaruh bagi pertumbuhan positif yang menitik beratkan pada kerja sama antara Kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan guru-guru lain untuk meningkatkan motivasi membaca Al-Qur‟an siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Drs. Antoni, M.H.I 2. Jamalludin, S.Ag., M.Pd.I
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 26 Jun 2020 04:07
Last Modified: 26 Jun 2020 04:07
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8012

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.