PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI EKOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

IKE PUSPITA SARI, NIM. 342015064 (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI EKOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
342015064_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
342015064_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Ike Puspita. 2020. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Solving Pada Materi Ekologi di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. Suyud Abadi, M.Si., (II) Sulton Nawawi, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: pengembangan, modul, Biologi, Problem Solving Bahan ajar di SMA Muhammadiyah 1 Palembang belum spesifik mengenai cakupan materi Ekologi. Sumber belajar dalam materi Ekologi menggunakan makalah dan powerpoint, hasil diskusi dan presentasi kelas, dan photocopy penuntun praktikum materi Ekologi yang masih sederhana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan modul pembelajaran Biologi berbasis Problem Solving. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE menurut Dick dan Carey. Hasil penelitian ini adalah karakteristik dan kelayakan modul Biologi berbasis Problem Solving pada materi Ekologi dengan modul lainnya adalah menekankan seluruh aktivitas yang dilakukan peserta didik diarahkan untuk menyelesaikan masalah, yang dimulai dari kegiatan merumuskan fakta pendukung dan menegaskan masalah, mencari fakta pendukung dan merumuskan hipotesis, mengevaluasi alternatif pemecahan yang dikembangkan, mengadakan pengujian atau verifikasi, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan penilaian kelayakan ahli materi persentase 78% dinyatakan dalam kriteria Layak, penilaian ahli media persentase 79% dinyatakan dalam kriteria layak, penilaian ahli bahasa persentase 97% dinyatakan dalam kriteria sangat layak, penilaian uji ahli perangkat pembelajaran dengan persentase 77% dinyatakan dalam kriteria Layak. Sedangkan penilaian respon guru Biologi diperoleh persentase 89% dinyatakan dalam kriteria sangat layak dan siswa diperoleh presentase 86% dinyatakan dalam kriteria sangat layak. Simpulan penelitian ini adalah karakteristik dan kelayakan modul yang dikembangkan berbeda dengan modul lainnya karena modul yang dikembangkan merupakan modul berbasis Problem Solving dalam keterampilan pemecahan masalah siswa yang sudah dilakukan validasi oleh beberapa para ahli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs.Suyud Abadi, M.Si. 2. Sulton Nawawi, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, modul, Biologi, Problem Solving
Subjects: Biologi > Ekologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 20 Jun 2020 04:40
Last Modified: 20 Jun 2020 04:46
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/7884

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.