Strategi Pembelajaran Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Luar Biasa Karya Ibu Palembang

SELLA MARANTIKA, NIM. 622016009 (2020) Strategi Pembelajaran Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Luar Biasa Karya Ibu Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622016009_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622016009_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)

Abstract

ABSTRAK Sella Marantika NIM 622016009, Skripsi dengan judul Strategi Pembelajaraan Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa Karya Ibu Palembang. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang Tahun 2020. Strategi Merupakan perencanaan yang berisi kegiatan dan didesain sedemikian rupa untuk mebcapai tujuan yang diharapkan. Keberadaan agama mempunyai makna yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Agama menjadi tolak ukur untuk mewujudkan suatu kehidupan masyarakat yang bermakna, damai, dan bermartabat. Pendidikan agama Islam dapat dimaknai dalam dua pengertian, pertama, sebuah proses penanaman ajaran Islam. Kedua, sebagai bahan kajian yang menjadi materi dan proses penanaman atau pendidikan itu sendiri. Dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam strategi pembelajaran guru lebiih lama menjelaskan tentang pemahaman agama Islam karna anak berkebutuhan khusus berdeda dengan anak abnormal, serta menggunakan perencanaan dan pelaksaan yang lebih matang. Serta menggunakan metode-metode yang meliputi: membimbing siswa berkebutuhan khusus melalui keteladanan, metode pembiasaan, menyesuaikan tingkat materi, metode sosiodrama dan demontrasi serta petunjuk visual sebnyak mungkin, metode Tanya jawab Pendidikan agama dapat didefenisikan sebagai upaya dalam mengembangkan potensi manusia baik itu potensi fisik, cipta rasa, maupun karsanya agar potensi tersebut dapat dimanfaatkan dalam kehidupan dan memberikan bekal kepada peserta didik pengetahuan umum dan agama agar mereka mendapatkan kebahagian dunia akhirat Dari data dan analisa tersebut bahwa adanya strategi-strategi serta faktorfaktor pendukung maupun penghambat dan evaluasi strategi pembelajaran guru PAI dalam menanamkan nilia-nilai pendidikan agama Islam disekolah luar biasa karya ibu Palembang. Dengan demikian kesempatan yang sama kepada anak berkelainan untuk memperoleh pendidikan dan pengajaran, berarti dapat memperkecil kesenjgangan angka partisipasi pendidikan anak normal dan anak berkelainan. Program sekolah yang mendukung dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah luar biasa karya ibu Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam disekolah SLB, faktor-faktor pendukung dan penghambat dan bagaimana penanaman nilai-nilai Pendidikan agama Islam di sekolah luar biasa karya ibu Palembang. Kata kunci: Strategi pembelajaran, nilai-nilai Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Suroso, S.Ag., M.Pd.I 2. Yahya, Lc., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, nilai-nilai Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 20 Jun 2020 02:10
Last Modified: 20 Jun 2020 02:41
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/7868

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.