KESALAHAN SISWA SMP KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN

VERA PAJRIN, NIM. 332015039 (2020) KESALAHAN SISWA SMP KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
332015039_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (830kB) | Preview
[img] Text
332015039_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Vera, Pajrin. 2020. Kesalahan Siswa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Pecahan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dr. H. Rusdy A. Siroj, M.Pd. (2) Heru M.Pd. Kata Kunci: Kesalahan, Operasi hitung, Bilangan Pecahan Penelitian ini bertujuan; (1) untuk mengetahui tipe operasi hitung bilangan pecahan apa paling dominan terjadi kesalahan yang dilakukan siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan pecahan. (2) untuk megetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Selatan, SMP Negeri 2 Indralaya Selatan, SMP Negeri 3 Indralaya Selatan dan jumlah sampel dalam penelitian ini terdiri atas 150 siswa kelas VII SMP Negeri Indralaya Selatan, dan subjek yang diwawancarai terdiri dari 12 orang. Teknik pengumpulan data berupa pemberian soal tes sebanyak 12 soal yang telah divalidasi oleh pakar dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Setelah dilakukan analisis pada hasil jawaban siswa diperoleh tipe operasi hitung bilangan pecahan paling dominan terjadi kesalahan yang dilakukan siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan pecahan adalah tipe 10 (a/b ∶ c/d) dengan jumlah 82 siswa yang melakukan kesalahan. Adapun kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada tipe 10 meliputi (1) kesalahan langkah penyelesaian yang dilakukan siswa pada tipe 10 ialah siswa menjawab dengan cara(a∶ c)/(b∶ d) , (a x c)/bxd dan (b x d)/axc berjumlah 32 siswa; (2) kesalahan operasi hitung bilangan bulat pada tipe 10 berjumlah 23 siswa; dan (3) kesalahan lain dari dua kesalahan tersebut pada tipe 10 seperti memberikan jawaban sembarang tanpa adanya langkah penyelesaian berjumlah 27 siswa. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan pecahan disebabkan karena siswa tidak memahami konsep dasar terhadap operasi hitung bilangan pecahan dan faktor lainnya siswa kurang teliti dalam operasi hitung bilangan bulat yang terlibat pada pecahan dan siswa tidak mengetahui cara penyelesaian operasi hitung bilangan pecahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr.H.Rusdy A.Siroj,M.Pd. 2. Heru,S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kesalahan, Operasi hitung, Bilangan Pecahan
Subjects: Matematika > Analisis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 22 Jun 2020 01:29
Last Modified: 22 Jun 2020 01:29
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/7863

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.