PENGEMBANGAN MODUL MATERI HIMPUNAN BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Nova Gutira, NIM. 332015017 (2020) PENGEMBANGAN MODUL MATERI HIMPUNAN BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
332015017_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (938kB) | Preview
[img] Text
332015017_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Gutira, Nova. 2020. Pengembangan Modul Materi Himpunan Berbasis Pendekatan PMRI Untuk Siswa Kelas VII SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana Strata (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Drs. Sunardi, M. Pd. (II) Muslimin, S.Pd., M. Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Modul Himpunan, PMRI Selama ini bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran matematika masih sangat terbatas.Karena itu, peneliti mengembangkan bahan ajar berupa modul. Pengembangan modul dapat membantu siswa menjawab dan memecahkan masalah atau kesulitan dalam belajar. Proses pembelajaran, terdapat beberapa materi pembelajaran yang seringkali sulit dirasa peserta didik untuk dipahami atau dijelaskan. Salah satu hal yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan adalah siswa belum dapat menyelesaikan hal-hal yang bersifat abstrak. Mengaitkan materi pelajaran dengan keseharian siswa diharapkan mampu membantu siswa dalam memahami materi. Karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian pengembangan modul berbasis pendekatan PMRI. Dimana penelitian ini bertujuan menghasilkan modul yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Berdasarkan hasil expert review disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan valid berdasarkan hasil penilaian ahli berdasarkan materi, media/tampilan dan bahasa. Praktisan terlihat dari hasil angket respon siswa yang dilakukan pada ujicoba small group dengan persentase 88,46%. Berdasarkan hasil akhir dan nilai tes kemampuan akhir pada siswa kelas VII.A SMP Muhammadiyah 1 Palembang diperoleh nilai 80,18 yang berarti hasil belajar siswa tergolong kategori “Baik Sekali”. Berdasarkan hasil analisis belajar tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan memiliki efek potensial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Sunardi, M.Pd. 2. Muslimin, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Himpunan, PMRI
Subjects: Matematika > Aljabar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 17 Jun 2020 06:59
Last Modified: 17 Jun 2020 06:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/7829

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.