PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ANIMALIA KELAS X SEMESTER GENAP

DIAH ANGGRAINI, NIM. 342015061 (2020) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ANIMALIA KELAS X SEMESTER GENAP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015061_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342015061_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

kata kunci: penelitian pengembangan, modul biologi, berbasis keterampilan berpikir kritis, animalia. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui karakteristik pengembangan modul biologi berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi animalia kelas X semester genap. (2) Mengetahui kelayakan modul biologi berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi animalia kelas X semester genap. (3) Mengetahui kepraktisan modul biologi berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi animalia kelas X semester genap. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D (Four-D) yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974) terdiri dari empat tahapan, define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebarluasan). Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Karakteristik modul biologi berbasis keterampilan berpikir kritis, memuat soal-soal yang mengacu pada indikator dan sub indikator keterampilan berpikir kritis. (2) Kelayakan modul biologi berdasarkan hasil validasi dosen ahli, yaitu satu orang dosen ahli validasi bahasa diperoleh skor 58,5 dikategorikan sangat layak, satu orang dosen ahli bahan ajar diperoleh skor 163,95 dikategorikan sangat layak, dosen ahli perangkat pembelajaran diperoleh skor 81 dikategorikan layak, satu orang dosen ahli materi diperoleh skor 140 dikategorikan layak, satu orang dosen ahli validasi evaluasi diperoleh skor 59 dikategorikan sangat layak dan tiga orang guru diperoleh skor 117.3 dikategorikan sangat layak (3) Kepraktisan modul biologi berdasarkan pada tahapan uji coba terbatas sebanyak 15 orang peserta didik diperoleh skor 91.93 dikategorikan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Susi Dewiyeti, S.Si., M.Si. 2. Etty Nurmala Fadillah, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, modul biologi, berbasis keterampilan berpikir kritis, animalia.
Subjects: Biologi > Zoologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Jun 2020 05:11
Last Modified: 11 Jun 2020 05:11
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/7767

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.