POTENSI MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE BASED LEARNING DALAM MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Sulton, Nawawi (2016) POTENSI MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE BASED LEARNING DALAM MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang, 1 (1). ISSN 2527-7553

[img]
Preview
Text
Sulton Nawawi.pdf

Download (735kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu bagian dari keterampilan yang dituntut pada abad ke-21. Kemampuan berpikir kritis berperan dalam membekali peserta didik untuk menangani masalah sosial, ilmiah, dan praktis secara efektif di masa mendatang. Kemampuan berpikir kritis dapat diberdayakan melalui aktifitas yaitu melalui model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL). Model pembelajaran CBL dapat memberdayakan berpikir kritis karena dalam sintaksnya menggabungkan aspek penting seperti pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran kontekstual yang difokuskan pada permasalahan nyata dalam dunia sehingga siswa aktif dalam pembelajaran, siswa berpikir bagaimana memecahkan masalah yang dihadapi, dalam proses pemecah masalah terjadi suatu proses berpikir tingkat tinggi yaitu berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis berperan penting dalam bekal kesuksesan hidup yang menyiapkan siswa menjadi pandai menjelaskan, mampu membuat penilaian informasi dengan baik dan mampu memecahkan permasalahan lingkungan dalam di kehidupan. Berpikir kritis juga berperan penting dalam proses pembelajaran di karena membantu siswa dalam menginterpretasikan, menganalisis, menjelaskan, mengevaluasi, dan menyimpulkan materi atau persoalan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Article
Subjects: Artikel Dosen
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sulton Nawawi
Date Deposited: 13 Aug 2018 02:40
Last Modified: 10 Sep 2018 01:10
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.