UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI ALJABAR MELALUI BELAJAR KOOPERATIF TIPE DISKURSUS MULTY REPRECENTACY (DMR) DI KELAS VII.ASMP MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

SITI AISYAH, NIM. 332015016 (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI ALJABAR MELALUI BELAJAR KOOPERATIF TIPE DISKURSUS MULTY REPRECENTACY (DMR) DI KELAS VII.ASMP MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332015016_BAB I_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text
332015016_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)

Abstract

ABSTRAK Aisyah, Siti. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Aljabar Melalui Belajar Kooperatif Tipe Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) di Kelas VII.ASMP Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Drs. H. Muslimin Tendri, M.Pd., (2) Nyimas Inda K, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: belajar kooperatif tipe diskursus multy reprecentacy (DMR), pemahaman konsep, operasi aljabar. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas VII.A SMP Muhammadiyah 1 Palembang selama ini masih berpusat pada guru, yang mana pada saat proses pembelajaran siswa tidak memiliki kesempatan untuk belajar berkelompok, akibatnya siswa kurang memahami konsep yang digunakan, kurang aktifserta masih sedikit siswa yang berani bertanya dan menyampaikan ide-ide atau pendapatnya, proses pembelajaran masih bersifat abstrak dan monoton yang membuat siswa menjadi jenuh dan pada akhirnya pemahaman siswa melalui hasil belajar menjadi rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dapat digunakan belajar kooperatif tipe Diskursus Multy Reprecentacy (DMR). Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah “Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep operasi aljabar melalui belajar kooperatif tipe Diskursus Multy Reprecentacy(DMR) di kelas VII.A SMP Muhammadiyah 1 Palembang?” dan “Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran materi operasi aljabar melalui belajar kooperatif tipe Diskursus Multy Reprecentacy(DMR) di kelas VII.A SMP Muhammadiyah 1 Palembang?”. Penelitian ini bertujuan untuk “mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep operasi aljabar melalui belajar kooperatif tipe Diskursus Multy Reprecentacy(DMR) di kelas VII.A SMP Muhammadiyah 1 Palembang dan mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran materi operasi aljabar melalui melalui belajar kooperatif tipe Diskursus Multy Reprecentacy(DMR) di kelas VII.A SMP Muhammadiyah 1 Palembang”. Subjek yang diteliti ada 32 siswa, yang terdiri dari 15 laki-laki dan 17 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah peelitian tindakan kelas. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi kemampuan pemahaman konsep siswa yang diambil dari hasil soal tes pada setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data pada siklus I yang mendapat nilai ≥ 75 ada 21 siswa dengan presentase 65,63% dan pada siklus II ada 26 siswa dengan presentase 81,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan belajar kooperatif tipe Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) pada materi operasi aljabar ternyata efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. H. Muslimin Tendri, M.Pd. 2. Nyimas Inda K, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: belajar kooperatif tipe diskursus multy reprecentacy (DMR), pemahaman konsep, operasi aljabar.
Subjects: Matematika > Aljabar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 12 Mar 2020 03:36
Last Modified: 12 Mar 2020 03:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6866

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.