UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MASTERY LEARNING (BELAJAR TUNTAS) PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII.1 SMP PGRI PEDAMARAN

UCA KENCANAWATI, NIM. 332015031 (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MASTERY LEARNING (BELAJAR TUNTAS) PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII.1 SMP PGRI PEDAMARAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
332015031_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
332015031_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)

Abstract

Kencanawati, Uca. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Mastery Learning (Belajar Tuntas) Pada Materi Himpunan Di Kelas VII.1 SMP PGRI Pedamaran. Palembang: Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (SI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. Syaifudin, M.Pd., (II) Luvi Antari, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: hasil belajar, himpunan, model pembelajaran Mastery Learning. Rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika pada materi himpunan dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu perlu suatu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa pada materi himpunan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan model pembelajaran Mastery Learning. Sehingga permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran Mastery Learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.1 di SMP PGRI Pedamaran?. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan belajar model Mastery Learning yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.1 SMP PGRI Pedamaran. Peneliti ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang pelaksanaannya dilakukan dalam 3 siklus. Pada siklus I dari 24 siswa yang tuntas hanya 12 siswa dengan persentase 50%, siklus II ketuntasan siswa sedikit meningkat dari 24 siswa yang tuntas 16 siswa dengan persentase 66,66%, dan pada siklus III ketuntasan siswa sangat meningkat dari 24 siswa yang tuntas mencapai 20 siswa dengan persentase 83,33%. Dari hasil peneitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model Mastery Learning, pada materi himpunan yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) persiapan siswa, (2) keantusiasan siswa, (3) pembagian kelompok, dan (4) menyimpulkan materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : 1. Drs. H. Syaifudin, M.Pd 2. Luvi Antari, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, himpunan, model pembelajaran Mastery Learning.
Subjects: Matematika > Matematika Statistik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 09 Mar 2020 04:30
Last Modified: 15 Jun 2020 05:06
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6629

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.