PENGARUH MODUL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI PADA KELAS X DI SMA NEGERI 19 PALEMBANG

SUMARIA, NIM. 342014131 (2019) PENGARUH MODUL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI PADA KELAS X DI SMA NEGERI 19 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014131_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342014131_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)

Abstract

KATA KUNCI : Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning cycle 5E terhadap keterampilan berpikir kritis materi keanekaragaman hayati pada siswa kelas X di SMA Negeri 19 Palembang. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 19 Palembang pada tanggal 29 juli – 07 Agustus 2019. Metode penelitian menggunakan Quasi eksperimen dengan desain Non equivalent control design. Hasil penelitian menunjukkan dari ke enam indikator kemampuan berpikir kritis siswa yang diamati dengan menggunakan model pembelajaran Learning cycle 5E muncul dengan persentase yang berbeda. Indikator yang memperoleh persentase paling tinggi pada kelas kontrol posttest adalah indikator regulasi diri (78,33) dan indikator yang memperoleh persentase paling rendah pada kelas kontrol pretest adalah indikator penjelasan (51,67), sedangkan Indikator yang memperoleh persentase paling tinggi pada kelas eksperimen posttest adalah indikator penjelasan (82,50) dan indikator yang memperoleh persentase paling rendah pada kelas eksperimen pretest adalah indikator penjelasan (58,75). Selain itu hal tersebut dapat dilihat juga dari analisis data nilai Uji Hipotesis nilai sig.0,000 < 0,05 artinya Ha dinyatakan diterima, maka model pembelajaran yang digunakan berpengaruh terhadap kemapuan berpikir kritis siswa kelas X pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 19 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing (1) Hendra S.Pd., M.Si. (2) Rindi Novitri Antika S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Learning Cycle 5E
Subjects: Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 21 Jan 2020 06:33
Last Modified: 21 Jan 2020 06:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6198

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.