TANGGUNGJAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN AKIBAT PENJUALAN PRODUK OBRAL

FADHIL AGUNG SYAPUTRA, NIM. 502015079 (2019) TANGGUNGJAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN AKIBAT PENJUALAN PRODUK OBRAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502015079_BAB I_DAFTAR PSUTAKA.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text
502015079_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)

Abstract

Adanya produk yang dijual secara obral, di satu sisi memang menguntungkan kedua belah pihak, yaitu pihak pelaku usaha dan pihak konsumen. Akan tetapi, dengan melekatnya syarat tersembunyi dalam penjualan produk yang dijual secara obral tersebut, jelas sangat merugikan konsumen. Bahkan sebenarnya, dengan hanya datang ke tempat penawaran produk itu, konsumen sudah mengalami kerugian dalam hal waktu, pikiran dan biaya transportasi. Untuk mengetahui dan menjelaskan tanggung jawab pelaku usaha terhadap kerugian konsumen akibat penjualan produk obral, dan juga untuk mengetahui dan memahami perlindungan hukum bagi konsumen atas penjualan produk obral tanpa informasi yang jelas. Berdasarkan hasil penelitian dipahami tanggung jawab pelaku usaha terhadap kerugian konsumen akibat penjualan produk obral adalah bahwa pelaku usaha bertanggung jawab atas kerugian konsumen. Hal mi dikarenakan pelaku usaha adalah pihak yang membuat dan/atau menyetujui pembuatan iklan penjualan produk secara obral dengan informasi yang tidak jelas tersebut. dan adanya iklan tersebut menimbulkan kerugian yang harus diderita oleh konsumen. Dengan demikian tampak jelas adanya hubungan kausalitas antara kerugian yang diderita konsumen dan pelaku usaha yang melanggar hukum dalam iklan penjualan produk obral dengan informasi yang tidak jelas. Perlindungan hukum bagi konsumen atas penjualan produk obral tanpa informasi yang jelas adalah: bahwa konsumen dilindungi berdasarkan Pasal 19 sampai dengan Pasal 28 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Di mana pelaku usaha berkewajiban untuk memberikan penggantian kerugian, baik dalam bentuk pengembalian uang, penggantian produk yang sejenis, perawatan kesehatan dan/atau pemberian santunan. Kata kunci: Tanggung jawab pelaku usaha terhadap penjualan produk obral

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, Mona Wulandari, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab pelaku usaha terhadap penjualan produk obral
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:44
Last Modified: 19 Nov 2019 04:44
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6059

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.