ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR DAN LEVEL KOGNITIF SISWA PADA MATERI BAKTERI KELAS X SMA NEGERI 1 MUARA SUGIHAN

EKA AYU LESTARI, NIM. 342015010 (2019) ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR DAN LEVEL KOGNITIF SISWA PADA MATERI BAKTERI KELAS X SMA NEGERI 1 MUARA SUGIHAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
342015010_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text
342015010_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)

Abstract

ABSTRAK Lestari, Eka Ayu. 2019. Analisis Aktivitas Belajar dan Level Kognitif Siswa pada Materi Bakteri Kelas X SMA Negeri 1 Muara Sugihan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Drs. Suyud Abadi, M.Si., (II) Sulton Nawawi, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: analisis, aktivitas belajar, level kognitif dan bakteri. Guru SMA Negeri 1 Muara Sugihan pernah menilai aktivitas belajar dan kemampuan kognitif siswa namun masih dilakukan secara umum dan tidak mendetail. Sementara itu materi bakteri merupakan materi yang sulit dipahami oleh siswa. Tujuan penelitian: 1) Mengetahui aktivitas belajar siswa pada materi Bakteri kelas X SMA Negeri 1 Muara Sugihan. 2) Mengetahui level kognitif siswa pada materi Bakteri kelas X SMA Negeri 1 Muara Sugihan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X MIPA 1. Sampel penelitian diambil menggunakan sampling jenuh. Sampel yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas X MIPA 1. Instrumen yang digunakan, yaitu: observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis dengan: uji validitas, uji reliabilitas, uji kesukaran soal, uji daya pembeda soal dan uji persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, aktivitas visual sebesar 66,3% dikategorikan aktif, aktivitas lisan sebesar 62,5% dikategorikan aktif, aktivitas mendengar sebesar 79,1% dikategorikan aktif, aktivitas menulis sebesar 72,0% dikategorikan aktif, aktivitas emosi sebesar 67,0% dikategorikan aktif dan aktivitas mental sebesar 60,8% dikategorikan cukup aktif. Kemudian hasil level kognitif siswa, pada level mengingat sebesar 87,9% dikategorikan sangat baik, memahami sebesar 76,8% dikategorikan baik, mengaplikasi sebesar 79,4% dikategorikan baik, menganalisis sebesar 60,9% dikategorikan cukup baik, mengevaluasi sebesar 58,1% dikategorikan kurang baik, dan mencipta sebesar 59,1% dikategorikan kurang baik. Simpulan rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu dapat digolongkan dalam kategori aktif. Persentase tertinggi yaitu aktivitas mendengarkan sebesar 79,1% dikategorikan aktif. Persentase terendah yaitu aktivitas mental sebesar 60,8% dikategorikan cukup aktif. Simpulan level kognitif yang dimiliki siswa mencapai tingkatan menganalisis. Persentase tertinggi yaitu level mengingat sebesar 87,9% dikategorikan sangat baik. Persentase terendah yaitu mengevaluasi sebesar 58,1% dikategorikan kurang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING, 1. Drs. Suyud Abadi, M.Si. 2. Sulton Nawawi, S.Pd. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: analisis, aktivitas belajar, level kognitif dan bakteri
Subjects: Biologi > Bakteriologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Nov 2019 06:00
Last Modified: 14 Nov 2019 06:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6015

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.