PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 9 PALEMBANG PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

PUTRI AFNI OKTAVIA, NIM. 342013079 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 9 PALEMBANG PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342013079_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text
342013079_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)

Abstract

ABSTRAK Putri Afni Oktavia, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X IPA SMA Negeri 9 Palembang. Skripsi. Program Studi Prndidikan Biologi, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dr. Saleh Hidayat, M.Si. (II) Binar Azwar Abas Harfian, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Think Talk Write, Hasil Belajar Siswa Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat menjadi solusi dari permasalahan yang dialami oleh siswa karena model pembelajaran ini dapat membantu siswa untuk berfikir dan memacu siswa membangun pemikirannya. Selain itu siswa juga menjadi kreatif dalam mengorganisasikan suatu ide-ide pokok dalam suatu permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengtahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA SMA Negeri 9 Palembang. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu Pretest-posttest Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini kelas X IPA di SMA Negeri 9 Palembang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, tes awal dan tes akhir ketiga ranah yaitu ranah kognitif, ranak afektif dan ranah psikomotorik. Model pembelajaran yang digunakan Think Talk Write yang telah di uji-t menggunakan paried sample t test, nilai yang didapat dari perhitungan sebesar signifikan 2 sisi 0,000 ≤ α/2 (0,025) dengan bantuan program SPSS versi 16.0. dari pernyataan tersebut, maka Ha dinyatakan diterima. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran Think Talk Write berpengaruh terhadap hasil belajar siswa selain itu juga didukung oleh hasil belajar afektif (sikap) dan psikomotorik (kreativitas) melalui lembar observasi yang dilakukan menunjukan hasil belajar afektif dan psikomotorik kelas eksperimen mendapatkan nilai yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing (I) Dr. Saleh Hidayat, M.Si. (II) Binar Azwar Abas Harfian, S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Think Talk Write, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 12 Nov 2019 06:42
Last Modified: 12 Nov 2019 06:42
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5998

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.