PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA NEGERI 8 PALEMBANG

DITA EKA RAHMAYANI, 342015033 (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA NEGERI 8 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015033_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text
342015033_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)

Abstract

Belum tersedianya bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk materi perubahan lingkungan dan belum adanya LKPD yang diintergrasikan dengan model pembelejaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui deskripsi produk pengembangan LKPD berbasis think talk write (TTW) materi perubahan lingkungan, (2) mengetahui kevalidan LKPD berbasis TTW materi perubahan lingkungan, (3) mengetahui kepraktisan LKPD berbasis TTW materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Developement menggunakan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan dengan tahap define (Pendefinisian), design (Perancangan), development (Pengembangan), disseminate (Penyebaran). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X dan XI MIA SMA Negeri 8 Palembang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah instrumen pengujian kevalidan berupa angket dan instrumen kepraktisan berupa angket respon peserta didik dan ahli praktisi. Deskripsi pengembangan produk LKPD diintergrasikan dengan model pembelajaran TTW. Berdasarkan uji coba kevalidan LKPD yang dikembangkan berada pada kategori “valid” dengan rata-rata semua indikator oleh ahli materi 76,3%, ahli media 80,3%, dan ahli bahasa 79,1%. Uji kepraktisan oleh ahli praktisi pendidikan diperoleh ratarata 85% dan 86% dengan kategori “sangat praktis”, tahap uji skala kecil dilakukan pada kelas XI MIA 4 yang terdiri dari 28 peserta didik dengan rata-rata 86,5% “sangat praktis”, dan uji coba skala besar dilakukan pada kelas X MIA 4 yang terdiri dari 25 peserta didik dengan rata-rata 81,2% “sangat praktis”. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKPD diintergrasikan dengan model TTW menggunakan tahap pengembangan 4D, LKPP yang dikembangkan memenuhi kategori kevalidan, dan sangat praktis sehingga dikatakan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Saleh Hidayat, M.Si. 2. Sulton Nawawi. S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, lembar kerja peserta didik (LKPD), model think talk write (TTW).
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 12 Nov 2019 06:35
Last Modified: 31 Aug 2020 00:29
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5994

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.