METODE DAKWAH KARANG TARUNA TUT WURI HANDAYANI BAGI REMAJA (Study Kasus Desa Rejodadi Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin)

SUBUR PRAKOSO, NIM. 612015056 (2019) METODE DAKWAH KARANG TARUNA TUT WURI HANDAYANI BAGI REMAJA (Study Kasus Desa Rejodadi Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612015056__BAB I_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612015056_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama, pengembangan metode dakwah di kalangan remaja yang dilakukan oleh Karang Taruna Tut Wuri Handayani . Kedua, kelebihan dan kekurangan pengembangan metode dakwah yang dilakukan di kalangan remaja oleh Karang Taruna Tut Wuri Handayani. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisa penelitian ini menggunakan kaidah analisa kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pertama, metode dakwah Karang Taruna Tut Wuri Handayani diwujudkan melalui kegiatan-kegiatan olahraga, sosial, kesenian, kewiraushaan, dan jalan - jalan. Proses pencapaian tujuan dakwah ditunjang dengan adanya rekayasa keadaan yang dilakukan oleh Karang Taruna Tut Wuri Handayani. Ditinjau dari aspek komunikasi, pengembangan metode dakwah Karang Taruna Tut Wuri Handayani cenderung pada jenis komunikasi perubahan perilaku secara utuh di mana aspek kognitif, afektif dan perilaku menjadi satu kesatuan dalam proses dakwah. Nilai-nilai yang diselipkan dalam proses pengembangan metode dakwah juga memiliki kompleksitas yakni nilai keagamaan, kepemimpinan, tanggung jawab, keahlian dan nilai sosial yang dapat menjadi bekal remaja dalam mengarungi fase peralihan anak-anak menuju dewasa. Ditinjau dari aspek model dakwah Q.S. an-Nahl ayat 125, pengembangan metode dakwah Karang Taruna Tut Wuri Handayani merupakan dominasi dari pengembangan metode al-hikmah yang didukung dengan metode mujadalah dan mauidlah hasanah. Dari aspek kebutuhan remaja, pengembangan metode dakwah Karang Taruna Tut Wuri Handayani juga telah meminimalisir nilai negatif dalam perkembangan diri remaja dan merubah sebaliknya, yakni pergaulan dengan teman sebaya yang bernilai positif dan dapat menerima orang yang lebih dewasa atau orang tua. Kedua, Metode yang dikembangkan Karang Taruna Tut Wuri Handayani memiliki kelebihan-kelebihan: Melatih remaja untuk menjadi pemimpin, melatih remaja untuk berperilaku baik dan agamis, peningkatan keahlian (skill) dan agama yang selaras, dan perubahan yang tidak terasa. kata Kunci : Metode Dakwah karang Taruna bagi remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing, 1. Ayu Munawaroh, S.Ag., M.Hum 2. M. Jauhari,S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Dakwah karang Taruna bagi remaja
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 11 Nov 2019 06:57
Last Modified: 11 Nov 2019 06:57
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5985

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.