PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI MA ASSAALAM AL-ISLAMI

Wahyu Restiana Putri, 342015025 (2019) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI MA ASSAALAM AL-ISLAMI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015025_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
342015025_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan rendahnya aspek inkuiri pada buku ajar yang digunakan. Berdasarkan studi pendahuluan menunjukkan bahwa aspek inkuiri yang diperoleh adalah sebesar 28,57%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik modul dan kelayakan modul biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem pencernaan kelas XI MA Assalam Al- Islami. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu prosedur pengembangan Borg & Gall (1983) dalam Mulyatiningsih (2011). Penelitian ini dibatasi sampai tahap ke-5. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan, bahwa: 1) Produk modul biologi, berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem pencernaan yang tergambar pada kegiatan peembelajaran dan tes formatif dengan level kognitif C1 sampai C6; 2) Kelayakan modul berdasarkan hasil validasi bahasa dengan persentase nilai sebesar 83% dikategorikan layak, validasi materi dengan persentase nilai sebesar 95% dikategorikan sangat layak, validasi penyajian bahan ajar dengan persentase nilai sebesar 95% dikategorikan sangat layak, dan penilaian oleh praktisi pendidikan dengan persentase nilai sebesar 100% dikategorikan sangat layak. Hasil penilaian uji lapangan skala kecil diperoleh nilai rata-rata sebesar 89% dikategorikan layak. Berdasarkan kesuluruhan hasil validasi dan penilaian uji lapangan skala kecil modul ini sangat layak untuk dilanjutkan uji lapangan tahap ke-2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Hj. Aseptianova, M.pd. 2. Tutik Fitri Wijayanti, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pengembangan modul, inkuiri terbimbing, sistem pencernaan.
Subjects: Biologi > Fisiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 06 Nov 2019 03:51
Last Modified: 06 Nov 2019 03:51
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5954

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.