DESAIN CONCEPT MAPPING SEBAGAI MEDIA AJAR PADA MATERI ANIMALIA DI SMA NEGERI 1 ABAB KABUPATEN PALI

YULI INDRIYANTI, NIM. 342015002 (2019) DESAIN CONCEPT MAPPING SEBAGAI MEDIA AJAR PADA MATERI ANIMALIA DI SMA NEGERI 1 ABAB KABUPATEN PALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015002_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (915kB) | Preview
[img] Text
342015002_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: concept mapping, media ajar, materi animalia. Materi yang paling sulit dipahami yaitu materi animalia karena materi animalia memiliki karakteristik filum yang banyak maka prioritas masalah yang akan dipecahkan lebih kepada media ajar yang yang akan menggunakan pemetaan yaitu concept mapping dengan sistem klasifikasi animalia yang terbaru sudah berjumlah 34 filum. Tujuan Penelitian ini: (1) mengetahui karakteristik desain concept mapping sebagai media ajar pada materi Animalia di SMA Negeri 1 Abab Kabupaten PALI, (2) mengetahui apakah desain concept mapping sebagai media ajar pada materi Animalia di SMA Negeri 1 Abab Kabupaten PALI layak untuk digunakan, (3) mengetahui apakah desain concept mapping sebagai media ajar pada materi Animalia di SMA Negeri 1 Abab Kabupaten PALI praktis untuk digunakan. Jenis penelitian ini adalah Development Research, menggunakan model pengembangan Tessmer. Hasil penelitian: (1) karakteristik media ajar concept mapping materi animalia terletak pada pola peta yang digunakan yaitu an unreflective map dan teori Michael A. Ruggiero Tahun 2015 yang membahas 34 filum animalia. (2) hasil validasi ahli materi 1 diperoleh nilai 42 > 39 ≥ 35 artinya media ajar termasuk kategori layak, hasil validasi ahli materi 2 diperoleh nilai 50 ≥ 42 artinya media ajar termasuk kategori sangat layak, hasil validasi ahli media diperoleh nilai 33 > 29 ≥ 27,5 artinya media ajar termasuk kategori layak, hasil validasi ahli bahasa diperoleh nilai 42 ≥ 33 artinya media ajar termasuk kategori sangat layak. (3) kepraktisan media ajar dapat dilihat dari hasil ujicoba one to one diperoleh nilai 46 ≥ 36 artinya termasuk kategori sangat praktis, ujicoba small group diperoleh nilai 45 ≥ 36 artinya termasuk kategori sangat praktis dan hasil ujicoba field test diperoleh nilai 46 ≥ 36 artinya media ajar concept maping dikategorikan sangat praktis sehingga kedepannya dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, (1) Drs. Suyud Abadi, M.Si. (II) Erie Agusta, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: concept mapping, media ajar, materi animalia
Subjects: Biologi
Administrasi Pendidikan > Studi dan Pengajaran Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 24 Oct 2019 04:33
Last Modified: 24 Oct 2019 04:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5852

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.