PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKTIF DENGAN TIDAK AKTIF BERORGANISASI ANGKATAN 2016 DAN 2017 DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

IRWANTO, 322015022 (2019) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKTIF DENGAN TIDAK AKTIF BERORGANISASI ANGKATAN 2016 DAN 2017 DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
322015022_BAB I _ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text
322015022_BAB II_-_Terakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)

Abstract

Irwanto. 2019. Perbedaan Prestasi Belajar Mahas iswa Aktif Dengan Tidak Aktif Berorganisasi Angkatan 2016 Dan 2017 Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dra, Rytha Petrossky, M.Si. (II) Dr. Herman Seri , M.Pd. Kata Kunci : Mahasiswa aktif dan mahasiswa tidak aktif berorganisasi, Prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, masih ada mahasiswa yang nilai prestasi belajarnya menurun, apakah hal ini diakibatkan oleh keaktifan mahasiswa dalam organisasi kemahasiswaan?. Rumusasn masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa aktif dengan tidak aktif berorganisasi angkatan 2016 dan 2017 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mahasiswa aktif dengan tidak aktif berorganisasi angkatan 2016 dan 2017 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Penelitian ini menggunakan desain Ex Post Facto, yaitu metode penelitian merujuk pada perlakuan di mana variabel x telah terjadi sebelumnya sehingga peneliti tidak perlu memberilan perlakuan lagi, tinggal melihat efeknya pada variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini bahwa Uji T diperoleh t hitung (equal variances assumed) adalah 5,791 sedangkan t tabel dengan tarap signifikan 5% diperoleh 1,655. Berarti bahwa thitung > ttabel (5,975 > 1,655). Maka dapat di kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiwa aktif dengan tidak aktif berorganisasi Angkatan 2016 dan 2017 FKIP UMP. Dengan nilai rata-rata prestasi belajar mahasiswa aktif dalam organisasi kemahasiswaan sebesar 3,5163 sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar mahasiswa tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan adalah sebesar 3,2625. Hal ini juga diperkuat oleh hasil wawancara kepada mahasiswa yang aktif dalam organisasi. Mahasiswa tersebut menuturkan bahwa ia lebih percaya diri dan lebih berani ketika memberika pendapat saat forum diskusi. Ia juga mengakui banyak manfaat dalam mengikuti organisasi mahasiswa, salah satunya dapat melatih jiwa kepemimpinan dan banyak jaringan atau teman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : 1. Dra. Rytha Petrossky, M.Si 2. Dr. Herman Seri, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa aktif dan mahasiswa tidak aktif berorganisasi, Prestasi belajar.
Subjects: Administrasi Pendidikan > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:20
Last Modified: 20 Apr 2020 06:34
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5357

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.