UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 UJANMAS MUARA ENIM TAHUN 2018/2019UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 UJANMAS MUARA ENIM TAHUN 2018/2019

EGI BEPA PRANDIKA, NIM. 352015002 (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 UJANMAS MUARA ENIM TAHUN 2018/2019UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 UJANMAS MUARA ENIM TAHUN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
352015002_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
352015002_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Model Kooperatif, Tipe Group Investigation, Hasil Belajar Latar Belakang: Keinginan penulis tentang Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Pelajaran Sejarah Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Ujanmas Muara Enim Tahun 2018/2019.Rumusan Masalah: (1)Bagaimana perencanaan guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran sejarah kelas X SMA Negeri 1 Ujanmas tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana aktivitas siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe group investigation (GI)? (3) Bagaiman hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe group investigation (GI) pada siswa sejarah kelas X SMA Negeri 1 Ujanmas tahun ajaran 2018/2019?Metode:Penelitian Pendidikan. Jenis Penelitian:Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kesimpulan: (1) Perencanaan guru sebelum melaksanakan pembelajaran yaitu menyusun (RPP) sesuai dengan sintaks pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe group investigation, soal tes, lembar observasi, dan rencana tindakan. (2) Aktivitas siswa mengunakan model kooperatif tipe group investigation dalam pembelajaran sejarah senang, antusias dan aktif dengan cara siswa bertanya dan menjawab pertanyaan pada saat belajar. (3) Hasil belajar siswa Pertemuan pertama, tes Prasiklus hasil siswa menunjukkan 5 siswa dengan persentase 17,1 % telah tuntas, sedangkan 31 siswa yang dengan 82.8% belum tuntas. Pertemuan kedua, tes Siklus I menunjukkan hanya 23 siswa dengan persentase 61% tuntas dengan nilai tertinggi 86 dan 13 siswa dengan persentase 38,9% belum tuntas dengan nilai terenda 53. Pertemuan ketiga, tes Siklus II menunjukkan 29 siswa 84.7 % telah tuntas dengan nilai tertinggi 93,3 sedangkan 7 siswa nya 15.2 % belum tuntas dengan nilai 66,6. Jadi metode yang di gunakan peneliti yaitu group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Saran: (1)Bagi siswa SMA Negeri 1 Ujanmas Muara Enim di harapkan lebih mempersiapkan diri dan lebih aktif dalam belajar sehingga akan meningkatkan hasil belajar sejarah.(2)Bagi guru, bisa dijadikan alternative dan juga metode koperatif tipe group investigation agar siswa dapat belajar dengan aktif. (3)Bagi pembaca, agar penelitian ini bisa dijadikan sebagai bahan referensi untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan peningkatan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : (1) Heryati, S.Pd., M.Hum,. (II) Yusinta Tia Rusdiana, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif, Tipe Group Investigation, Hasil Belajar
Subjects: Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 21 Sep 2019 03:36
Last Modified: 21 Sep 2019 03:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5321

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.