PENGARUH MEDIA REOG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL SISWA SMP BINA MULYA TANJUNG ENIM

RISMALIA, NIM. 312015064 (2019) PENGARUH MEDIA REOG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL SISWA SMP BINA MULYA TANJUNG ENIM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015064_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312015064_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Pengaruh, media,reog, menulis, teks, fabel. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang sering menghadapi kesulitan dalam menulis teks fabel. Peneliti memerlukan media dalam belajar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks fabel. Permasalahan dalam penelitian adalah adakah pengaruh mediaReog terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Bina Mulya Tanjung Enim? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media reog terhadap kemampuan siswa menulis teks fabel dan mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks fabel. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menggunakan rancangan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Bina Mulya Tanjung Enim yang berjumlah 68 siswa. Peneliti menentukan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan porposive sample. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebanyak 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara guru Bahasa Indonesia, tes siswa, angket siswa kelas VII SMP Bina Mulya Tanjung Enim. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis data tes objektif, tes menulis teks fabel dan angket siswa dengan pertemuan selama dua hari. Berdasarkan hasil deskripsi penelitian, diperoleh simpulan bahwa pengaruh media reogterhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Bina Mulya Tanjung Enim tergolong signifikan, karena terbukti padat hitunghasil yang diperolehsebesar 15,229 dant hitungpadatarafsingnifikan 5% t 0,025 dengandk = 43 yaitusebesar 2,017. Jadi, t hitunglebihbesardibandingkandengant tabelatau 15,229 > 2,017. Hipotesis yang dikemukakan, yaitu pengaruh media reog terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Bina Mulya Tanjung Enim terbukti kebenarannya. Penulis menyarankan agar siswa kelas VII SMP Bina Mulya Tanjung Enim lebih giat dan bersungguh-sungguh belajar menulis teks fabel agar mendapatkan hasil yang lebih baik dan guru Bahasa Indonesia harus kreatif dalam memilih media belajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembiming, (I) Dr. Sakdiah Wati, M.Pd., (II) Dra. Mulyati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, media,reog, menulis, teks, fabel
Subjects: Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 18 Sep 2019 05:58
Last Modified: 18 Sep 2019 05:58
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5191

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.