KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WRITE ARROUND SISWA SMK NURUL IMAN PALEMBANG

YUNILAWANI, NIM. 312015034 (2019) KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WRITE ARROUND SISWA SMK NURUL IMAN PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015034_BAB I _DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (811kB) | Preview
[img] Text
312015034_BAB II_SAMPAI_BAB TRAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)

Abstract

Kata Kunci:Kemampuan, Menulis Teks Anekdot, Write Arround. Penelitian ini dilatarbelakangi pada pembelajaran bahasa Indonesia tidak terlepas dari pembahasa materi menulis teks anekdot. Oleh karena itu, pembelajaran mengenai teks anekdot harus lebih ditingkatkan lagi karena merupakan sarana untuk menyampaikan pikiran, pendapat, gagasan, ide, serta keinginan berupa pesan yang diharapkan bisa memberikan pelajaran kepada khalayak. Masalah dalam penelitian ini apakah siswa kelas X SMK Nurul Iman mampu menulis teks anekdot melalui model pembelajaran write arround. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pada siswa kelas X SMK Nurul Iman Palembang menulis teks anekdot melalui model pembelajaran write arround. Hipotesis dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Nurul Iman Palembang mampu menulis teks anekdot melalui model pembelajaran write arround. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Nurul Iman Palembang yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian data tes adalah siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM >75 berjumlah 27 siswa (90%) dan yang mendapatkan nilai di bawah KKM <75 berjumlah 3 siswa (10%) dengan rata-rata nilai keseluruhannya 80,5. Hasil analisis data angket menyatakan bahwa sebagian siswa kelas X SMK Nurul Iman Palembang telah mempelajari menulis teks anekdot sebelumnya. Sebagian siswa menganggap pelajaran menulis teks anekdot adalah pelajaran yang menyenangkan, sehingga mereka menyukainya. Selain itu, sebagian siswa juga merasa tertarik apabila guru mengajarkan tentang menulis teks anekdot. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Nurul Iman Palembang mampu menulis teks anekdot melalui model pembelajaran write arround. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini terbukti kebenarannya. Saran dalam penelitian ini adalah walaupun sudah mampu menulis teks anekdot melalui model pembelajaran write arround, sebaiknya terus menggali ilmu pengetahuan dan potensi yang ada sehingga dapat meningkatkan prestasi dalam kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, (I) Drs. H. Refson, M.Pd. (II) Surismiati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Menulis Teks Anekdot, Write Arround.
Subjects: Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 17 Sep 2019 04:37
Last Modified: 17 Sep 2019 04:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5132

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.