PENGARUH PENGGUNAAN METODE HPYNOTEACHING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA SETIA DARMA PALEMBANG

NURWAKI'AH, NIM. 312015012 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE HPYNOTEACHING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA SETIA DARMA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015012_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312015012_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: pengaruh, metode pembelajaran, hypnoteaching, menulis keterampilan,cerpen. Latar belakang dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan mengembangkan serta menuangkan ide dan gagasannya ke dalam menulis cerpen pada kelas XI SMA Setia Darma Palembang. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran hypnoteaching dalam keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA Setia Darma Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran hypnoteaching terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA setia Darma Palembang. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperiment) di kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu pengaruh metode pembelajaran hypnoteaching terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Setia Darma Palembang signifikan karena terbukti bahwa thitung lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikan 5%. Setelah membandingkan hasil tes kelas kontrol dengan hasil kelas eksperimen diperoleh bahwa thitung > ttabel , 4,23>1,68 pada taraf signifikan 5% dengan db 61, yaitu adanya perbedaan nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 55 dan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 80. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa “Metode pembelajaran hypnoteaching berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Setia Darma Palembang” terbukti kebenarannya dan dapat diterima. vi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, (I) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd., (II) Dr. H. Haryadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengaruh, metode pembelajaran, hypnoteaching, menulis keterampilan,cerpen
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Sep 2019 04:52
Last Modified: 14 Sep 2019 04:52
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5070

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.