PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK INFORMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X OTKP DI SMK NEGERI 1 PALEMBANG

NINA FIRSAGITA, NIM. 322015013 (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK INFORMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X OTKP DI SMK NEGERI 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
322015013_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text
322015013_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)

Abstract

Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Informasi, Motivasi Belajar Latar belakang dalam penelitian ini masih kurangnya layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Palembang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini seba gai berikut “Adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik informasi ter hadap motivasi belajar siswa kelas XOTKP di SMK Negeri 1 Palembang”?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XOTKP di SMK Negeri 1 Palembang. Hipotesis Alternatif Ha: “Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Palembang”. Hipotesis Nihil Ho: “Tidak ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Palembang”. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 126 siswa dan sampel 15 siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Palembang, sampel diambil dengan menggunakan metode porposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode korelasi kuantitatif . untuk menguji hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini digunakan statistic korelasi product moment dilanjutkan dengan menggunakan Uji t. Berdasarkan analisis penelitian, dimana Variabel Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Informasi (X) memperoleh jumlah skor1590dan variabel Motivasi belajar (Y) memperoleh jumlah 1586. Dan nilai rhitung yang didapat dari hasil perhitungan lebih besar dari pada nilai rtabel (0,5049 ≥ 0,4821) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan thitung lebih besar dari ttabel (2,109 ≥ 1,770) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Informasi (X) terhadap Motivasi Belajar (Y) Siswa Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Palembang, jadi dapat dimaknai semakin optimal layanan bimbingan kelompok dilaksanakan maka semakin tinggi motivasi belajar siswa di kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Palembang. Saran bagi guru diharapkan dapat melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik informasi secara optimal serta bagi siswa agar bimbingan kelompok dapat dilaksanakan dengan baik agar dapat menimbulkan motivasi belajar yang tinggi sehingga dapat mencapai hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, (1) Drs. H. M. Zalili Aziz. M.Pd., (II) Dra. Rosmini Djohari. M.M.
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Informasi, Motivasi Belajar
Subjects: Administrasi Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Sep 2019 06:14
Last Modified: 11 Sep 2019 06:14
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4962

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.