PENGARUH PENGGUNAAN METODE SINEKTIKA DALAM KOMPETENSI MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PALEMBANG

NADYA HASSELA AYUNITA UTAMI, NIM. 312015011 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE SINEKTIKA DALAM KOMPETENSI MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
312015011_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)

Abstract

4 ABSTRAK Utami, Nadya Hassela Ayunita Utami. 2019. Pengaruh Metode Sinektika dalam Kompetensi Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. Danto, M.Pd., (II) Drs. H. Refson, M.Pd. Kata kunci: metode pembelajaran sinektika, menulis cerpen Latar belakang dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran sinektika dapat mengajak siswa menyajikan kesenangan instan ketika guru membimbing latihan. Bila siswa melakukan sendiri metode sinektika ini mereka akan lebih berhasil, lebih mengerti dalam menggunakan suatu alat atau bahan praga. Alasan mengapa penulis memilih metode sinektika karena dengan metode sinektika guru bisa mengetahui keinginan siswa dan siswa bisa senang belajar dan melakukan proses pembelajaran. Pada penelitian ini, peneliti mengaitkan materi pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan metode sinektika. Cerpen ialah cerita yang menurut wujudnya berbentuk pendek. Ukuran panjang pendeknya suatu cerita memang relatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4 kelas dan yang menjadi sampel hanya 2 kelas. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan tes. Kesimpulan hasil pengujian mean kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dikonsultasikan pada ttabel ternyata perbedaan tersebut signifikan hal ini dapat diketahui dari perhitungan uji t yang menunjukan bahwa thitung> ttabel atau 9,08 ≥ 1,99 dengan dk = 58. Maka, Metode Sinektika berpengaruh terhadap keterampilan peserta didik dalam menulis cerpen pada siswa SMK Negeri 1Palembang. Saran diharapkan guru bahasa Indonesia yang mengajar dikelas XI SMK Negeri1 Palembang diharapkan menggunakan Metode Sinektika dalam menulis cerpen karena, sudah terbukti melalui penerapan Metode Sinektika sangat efektif dan dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam berimajinasi menulis cerpen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: (I) Drs. Danto, M.Pd., (II) Drs. H. Refson, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran sinektika, menulis cerpen
Subjects: Bahasa Indonesia > Ejaan dan Ucapan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Sep 2019 06:11
Last Modified: 11 Sep 2019 06:11
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4961

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.