PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SISWA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI STATISTIKA SEKOLAH DASAR DI KELAS IV

ASLAMIATI ROFIAH, NIM. 332015007 (2019) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SISWA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI STATISTIKA SEKOLAH DASAR DI KELAS IV. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332015007_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
332015007_BAB II_SAMPAI _BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Matematika adalah ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern. Wawancara yang telah dilakukan dengan guru disekolah MI AL-AKBAR Air Kumbang guru umumnya hanya memakai bahan ajar yang telah disediakan oleh sekolah. Agar proses pembelajaran lebih menarik serta bermakna bagi siswa, maka diperlukan suatu pembelajaran yang inovatif yang disajikan dalam setiap pembelajaran yang dilakukan suatu pembelajaran yang inovatif yang disajikan dalam setiap pembelajaran yang dilakukan. Maka salah satu solusi yang dapat digunakan dari permasalahan dan penyebab diatas yaitu dengan mengembangkan atau membuat bahan ajar yang dibuat sendiri, contoh bahan ajar yang dapat digunakan salah satu nya adalah modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika siswa dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan statistika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI AL-AKBAR 1 Air Kumbang dengan jumlah siswa 23 orang. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model thiagarajan atau model 4-D (Define, Design, Develope, dan Dessiminate). Pengembangan modul dengan pendekatan kontekstual yang dikembangkan telah divalidasi dan mngalami revisi sebanyak dua kali revisi dan layak digunakan. Hasil dari uji coba terbatas pengembangan modul dengan pendekatan kontekstual telah dikatakan praktis, yaitu dari hasil pengisian angket respon siswa yang dipersentasekan yaitu 84,89%. Hasil dari uji coba lapangan berdasarkan dari analisis data hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 90% yang beerarti hasil belajar siswa tergolong kategori baik sekali, maka disimpulkanbahwa modul telah dikembangkan dan memiliki efek potensial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : (I) Dr. Refi Elfira Yuliani, S.Si., M.Pd (II) Heru, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, modul, model pembelajaran 4D
Subjects: Matematika > Matematika Statistik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 09 Sep 2019 04:41
Last Modified: 09 Sep 2019 04:41
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4855

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.