DINNA AYU SERPLIANA, NIM. 312015067 (2015) KETERAMPILAN SISWA SMP PGRI PEDAMARAN DALAM MENULIS TEKS CERITA FANTASI MELALUI MEDIA TRAILER FILM

DINNA AYU SERPLIANA, NIM. 312015067 (2019) DINNA AYU SERPLIANA, NIM. 312015067 (2015) KETERAMPILAN SISWA SMP PGRI PEDAMARAN DALAM MENULIS TEKS CERITA FANTASI MELALUI MEDIA TRAILER FILM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015067_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
312015067_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu adanya siswa yang sering menghadapi masalah dalam menulis teks cerita fantasi. Dalam proses pembelajaran diperlukan media, untuk mengetahui keterampilan dalam menulis teks cerita fantasi, salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah trailer film dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah media pembelajaran trailer film dapat mengetahui keterampilan siswa SMP PGRI Pedamaran dalam menulis teks cerita fantasi? Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui keterampilan siswa SMP PGRI Pedamaran dalam menulis teks cerita fantasi melalui media trailer film. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan melalui tes menulis teks cerita fantasi untuk siswa, angket untuk siswa, dan wawancara untuk guru . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 2 SMP PGRI Pedamaran yang berjumlah 27 siswa, terdiri dari 14 laki-laki dan 13 perempuan. Proses kegiatan penelitian dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan, yang dibagi kedalam tes menulis teks cerita fantasi, angket dan wawancara. Berdasarkan hasil tes keterampilan menulis teks cerita fantasi, diketahui sebagian besar siswa memperoleh nilai diatas 70, berjumlah 19 siswa dengan persentase 70%, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai dibawah 70, berjumlah 8 siswa dengan persentase 30%. Hal itu juga dapat diketahui karena siswa sudah pernah mendapat pengajaran tentang menulis teks cerita fantasi sebelumnya. Sebagian besar mereka tertarik dan beranggapan jika pembelajaran menulis teks cerita fantasi itu pelajaran yang menyenangkan. Peneliti menyarankan kepada para siswa agar banyak berlatih untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, mengembangkan minat serta kreativitas terhadap materi menulis teks cerita fantasi. Sehingga para siswa memiliki pengetahuan yang cukup terhadap materi dan Sekolah hendaknya dapat menambah fasilitas berbagai sumber belajar seperti buku menulis, buku-buku panduan maupun pengetahuan umum yang disediakan di perpustakaan guna menyukseskan dan melancarkan proses kegiatan belajar mengajar, khususnya pelajaran tentang menulis teks cerita fantasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dra. Ismaiyati, M.Pd. 2. Surismiati, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Keterampilan, Cerita Fantasi, Trailer Film.
Subjects: Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Sep 2019 06:15
Last Modified: 07 Sep 2019 06:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4823

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.