PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI FAKTOR DAN KELIPATAN SUATU BILANGAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Mazro'atul Khoeriyah, NIM. 332015035 (2019) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI FAKTOR DAN KELIPATAN SUATU BILANGAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332015035_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (668kB) | Preview
[img] Text
332015035_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Matematika sebagai ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia (Abdullah, 2010). Akan tetapi matematika memiliki faktor sulit bagi peserta didik yang mempelajarinya, khususnya bagi peserta didik Sekolah Dasar, mengingat matematika yang abstrak sementara kemampuan abstrak peserta didik sekolah dasar masih rendah (Ningrum & Leonard, 2014). Sehingga peneliti mengembangkan modul matematika siswa berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi faktor dan kelipatan suatu bilangan di kelas IV Sekolah Dasar untuk membantu kesulitan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Four-D Models (4-D) yang terdiri dari empat tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran) dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Dari penelitian ini didapatkan hasil yaitu: (1) modul matematika siswa berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi faktor dan kelipatan suatu bilangan di kelas IV Sekolah Dasar yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis; (2) modul matematika siswa berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi faktor dan kelipatan suatu bilangan di kelas IV Sekolah Dasar yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik, yang dapat dilihat dari nilai rata-rata akhir peserta didik yaitu 85,33 yang berarti hasil belajar peserta didik tergolong kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul matematika siswa berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi faktor dan kelipatan suatu bilangan di kelas IV Sekolah Dasar memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Refi Elfira Yuliani, S.Si., M.Pd. 2. Heru, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, modul, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), faktor, kelipatan
Subjects: Matematika > Ilmu Hitung
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Sep 2019 04:43
Last Modified: 07 Sep 2019 04:43
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4786

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.