REALISASI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PERCAKAPAN SISWA DAN GURU PADA PROSES BELAJAR DI SMP NEGERI 7 PALEMBANG

YATI, 312015051 (2019) REALISASI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PERCAKAPAN SISWA DAN GURU PADA PROSES BELAJAR DI SMP NEGERI 7 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
312015051_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
312015051_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)

Abstract

kata kunci: kesantunan berbahasa, percakapan siswa dan guru, dan proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realisasi kesantunan berbahasa yang terjadi dalam percakapan siswa dan guru pada proses belajar di SMP Negeri 7 Palembang. Jenis penelitian yang dipakai oleh peneliti yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yakni teknik simak bebas libas cakap, teknik rekaman, dan teknik catat. Sasaran untuk mengetahui penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam kegiatan belajar dalam pilihan kata, dan pada cara berbicara yang santun pada siswa dan guru kelas VIII.1 SMP Negeri 7 Palembang dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 7 Palembang, pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penyimpangan kesantunan berbahasa sangat dipengaruhi oleh emosional siswa dan ada prinsip kerja sama (1) maksim kuantitas, (2) maksim kualitas, (3) maksin relevansi, dan (4) maksim cara dan juga terdapat penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa terdiri dari enam maksim, meliputi (1) maksim kebijaksanaan, (2) maksim penerimaan, (3) maksim kemurahan, (4) maksim kerendahan hati, (5) maksim kecocokan, dan (6) maksim simpatian. Simpulan dalam Realisasi Kesantunan Berbahasa dalam Percakapan Siswa dan Guru pada Proses Belajar di SMP Negeri 7 Palembang. Bentuk penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa yang terdiri dari enam maksim, meliputi maksim kebijaksanaan, maksim penerimaan, maksim kemurahan, maksim kerendahan hati, maksim kecocokan, dan maksim simpatian dalam berkomunikasi siswa dan guru cenderung menggunakan bahasa daerah dari pada bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: (I) Dr. H. Haryadi, M.Pd., (II) Dra. Hj. Listini, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kesantunan berbahasa, percakapan siswa dan guru, dan
Subjects: Bahasa Indonesia > Tata bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Sep 2019 02:56
Last Modified: 07 Sep 2019 02:56
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4774

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.