PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PMRI PADA MATERI BENTUK PECAHAN KELAS IV SEKOLAH DASAR

WAHIDATI SANTI ARROHMAH, NIM. 332015015 (2019) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PMRI PADA MATERI BENTUK PECAHAN KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332015015_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text
332015015_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Arrohmah, Wahidati Santi. 2019. Pengembangan Modul Matematika Siswa Berbasis Pendekatan PMRI Pada Materi Bentuk Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang: (I) Dr. Refi Elfira Yuliani, S.Si., M.Pd., (II) Heru, S.Pd., M. Pd. Kata kunci: Pengembangan, modul, PMRI, model 4-D. Penelitian ini bertujuan menghasilkan suatu bahan ajar berupa modul siswa berbasis pendekatan PMRI untuk kelas IV sekolah dasar serta mengetahui efek potensial dari penggunaan modul yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (development research). Dalam proses pengembangan menggunakan model 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas IV.B SD IT Salsabila Palembang yang berjumlah 17 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh modul yang valid dan praktis. Kevalidan terlihat dari hasil penilaian para ahli materi, media/tampilan modul dan bahasa. Modul matematika siswa yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan materi (aspek kelayakan isi, aspek kelayakan penyajian dan aspek penilaian PMRI), media/tampilan (aspek kelayakan kegrafikan yang meliputi ukuran modul, desain sampul modul dan desain isi modul), dan bahasa (aspek kelayakan kebahasaan). Kepraktisan terlihat dari hasil penilaian peserta didik pada uji lapangan terbatas terhadap modul matematika siswa yang dikembangkan. Berdasarkan data hasil analisis angket peserta didik pada tahap uji coba lapangan terbatas, modul matematika siswa berbasis pendekatan PMRI mendapatkan jumlah skor 313 dari jumlah total maksimal penilaian 352, yang dipresentasikan menjadi 88,92% dan dapat dikategorikan bahwa modul matematika siswa berbasis pendekatan PMRI yang dikembangkan praktis. Efek potensial dilihat dari hasil tes kemampuan akhir peserta didik. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan bahwa rata-rata nilai akhir peserta didik yaitu 80,88 yang berarti hasil belajar peserta didik tergolong kategori baik sekali, maka dapat disimpulkan bahwa modul matematika siswa berbasis pendekatan PMRI yang telah dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, (I) Dr. Refi Elfira Yuliani, S.Si., M.Pd., (II) Heru, S.Pd., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, modul, PMRI, model 4-D.
Subjects: Matematika > Ilmu Hitung
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 04 Sep 2019 06:15
Last Modified: 04 Sep 2019 06:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4723

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.